Senin, 18 Nov 2019
radartulungagung
icon-featured
Travelling

Cara dan Bahan Untuk Membuat Es Bongko; Es Khas Pontianak yang Enak

22 April 2019, 14: 50: 59 WIB | editor : Retta wulansari

SEGAR : Es Bongko asal Pontianak ini bisa jadi salah satu sajian yang cocok untuk acara kumpul keluarga.

SEGAR : Es Bongko asal Pontianak ini bisa jadi salah satu sajian yang cocok untuk acara kumpul keluarga. (VEA FOR RATU)

TULUNGAGUNG - Sajian yang pas ketika weekend bisa pilih makanan yang manis dan segar.  Salah satu yang bisa dicoba yakni es bongko. Ya, sajian ini cocok disajikan untuk keluarga. Apalagi cuaca beberapa hari ini panas, cukup mendukung jika pilih sajian manis dan segar seperti es yang berasal dari Pontianak tersebut.

Pembuatan bongko sendiri cukup mudah. Yakni dibutuhkan bahan seperti hungkwe, air perasan atau sari pandan, dan santan. Nah untuk pembuatannya, yakni mencampurkan seluruh bahan dan dimasak hingga meletup. Kemudian jika sudah ditaruh dalam loyang dan tunggu dingin. Setelah itu potong dadu dan sajikan dengan susu cokelat. Nah ketika cuaca panas, bisa menyajikannya dengan es. "Rasanya segar, mantap ada gurih dan manis. Tentu ada susu, sajian ini dijamin juga menyehatkan," terang Bisyarah Jelang Fitria, salah seorang pelaku usaha kuliner.

Wanita ramah ini mengaku membuat sajian untuk keluarga tak perlu ribet. Terpenting, menu yang disajikan mampu memunculkan rasa kekeluargaan, keakraban agar terjalin silaturahminya. Dijamin rasa es bongko ini, bisa memberikan kesan keakraban keluarga. Apalagi disajikan ketika dingin, tentu siapapun yang menikmatinya akan ketagihan.

(rt/lai/dre/red/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia