Minggu, 21 Jul 2019
radartulungagung
icon-featured
Travelling

Isi Ulang Cairan Tubuh dengan Minuman Segar Khas Pontianak Berikut

22 April 2019, 15: 35: 59 WIB | editor : Retta wulansari

USIR DAHAGA : Es bongko ini dibuat dari hungkwe, sari pandan dan santan. Rasanya manis segar jadi favorit.

USIR DAHAGA : Es bongko ini dibuat dari hungkwe, sari pandan dan santan. Rasanya manis segar jadi favorit. (VEA FOR RATU)

TULUNGAGUNG - Beberapa hari ini, cuaca di Tulungagung cukup terik. Tentu minuman dingin paling banyak dicari. Bukan, cuma untuk melegakan tenggorokan tapi juga untuk mengganti kebutuhan cairan dalam tubuh yang hilang selama aktif bekerja. 

Nah salah satu sajian yang segar dan bisa isi ulang cairan tubuhmu untuk menyegarkan diri di hari yang panas seperti ini, bisa nikmati es bongko. Hal itu diungkapkan salah satu penikmat kuliner, Rusmiati.

Dia mengatakan, es bongko asal Pontianak memberikan rasa yang tak hanya segar, tapi juga bisa melegakan dahaga. Karena kesegaran yang didapat alami dari kuahnya yang berasal dari santan dan gula merah atau bahkan susu cokelat. Tak hanya itu, rasa bongko yang gurih, dari santan dan pandan membuat sajian tersebut semakin lengkap. "Jangan pakai pasta pandan ya, karena bisa beda rasanya, lebih segar pakai sari pandan," katanya.

Wanita asal Desa /Kecamatan Kedungwaru ini mengatakan, es bongko sering kali jadi sajian berkumpul keluarga, reuni, atau bahkan arisan. Itu karena es bongko selain memiliki rasa yang segar dan manis, juga mudah dibuat. Apalagi bahan bahan yang didapat juga mudah ditemukan di pasaran. "Gak perlu jauh ke Pontianak, bisa buat sendiri kok," tandasnya

Hal senada juga diungkapkan, Putri Fitriana penikmat kuliner lain. Dia mengatakan, es bongko hampir mirip seperti es cendol atau dawet jika penyajiannya menggunakan santan dan gula merah. Tapi dalam perkembangannya, es bongko kini dikombinasikan dengan susu cokelat. Sehingga siapapun termasuk anak-anak menyukainya. "Rasanya manis segar. Bener-bener enak. Usir dahaga," tegas warga Desa/Kecamatan Kedungwaru ini.

(rt/lai/dre/red/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia