Jumat, 06 Dec 2019
radartulungagung
icon-featured
Trenggalek

Berikut Beberapa Penyebab Terjadi Pemungutan Suara Ulang Dalam Pemilu

23 April 2019, 13: 50: 59 WIB | editor : Retta wulansari

Ilustrasi

Ilustrasi (JawaPos.Com)

TRENGGALEK – Tidak hanya penghitungan ulang, pemungutan suara ulang (PSU) tampaknya bakal mewarnai Pemilu 2019 di Kota Keripik Tempe. Itu diduga karena ada pemilih yang tidak memiliki hak pilih, tapi mengunakan hak suara di salah satu tempat pemungutan suara (TPS) di wilayah Kecamatan Kampak.

KPU Trenggalek membenarkan ada rekomendasi dari jajaran Bawaslu Trenggalek, dalam hal ini panwascam Kampak untuk menggelar PSU di TPS 03 Desa Timahan. “Intinya karena Bawaslu sudah mengeluarkan rekom, KPU wajib melaksanakan,” kata Nurhuda, Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Trenggalek.

Dia juga menjelaskan, dalam PKPU disebutkan ada beberapa alasan atau penyebab PSU. Di antaranya mereka yang tidak memiliki e-KTP serta tidak terdaftar dalam DPT dan DPTb. Namun pada kasus ini berbeda. Dua orang yang menggunakan suara di TPS 03 Timahan memiliki e-KTP. Hanya, mereka bukan penduduk setempat dan tidak membawa form A5. “Menurut kajian hukum KPU, itu tidak masuk kategori untuk PSU. Tapi apa boleh jadi, karena panwascam sudah mengeluarkan rekom, akan ada PSU di sana,” ulangnya.

(rt/muh/dre/red/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia