Rabu, 22 May 2019
radartulungagung
icon-featured
Blitar

Begini Pelaksanaan Ujian di LKPA Blitar

23 April 2019, 15: 20: 59 WIB | editor : Retta wulansari

SEMANGAT: Para anak binaan LPKA Kelas I Blitar mengikuti ujian dengan tenang dan lancar, Senin (22/4).

SEMANGAT: Para anak binaan LPKA Kelas I Blitar mengikuti ujian dengan tenang dan lancar, Senin (22/4). (MOCHAMMAD SUBCHAN ABDULLAH/RADAR BLITAR)

BLITAR KOTA - Sebanyak 16 warga binaan Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Blitar mengikuti ujian sekolah berstandar nasional (USBN) tingkat sekolah dasar (SD) Senin (22/4). Para anak binaan itu mengerjakan soal ujian di dalam LPKA.

 Dimulai sekitar pukul 07.30, para peserta mengerjakan soal ujian berbasis kertas. Sejumlah petugas dan beberapa pengawas ujian turut serta mengawasi jalannya ujian tersebut. Ujian pun berlangsung tenang dan lancar.

 Plt Kepala LPKA klas I Blitar Andik Ariawan mengatakan, ujian sekolah tingkat SD di LPKA itu diikuti dengan anak binaan dengan baik. Sebelumnya anak-anak sudah melaksanakan beberapa kali uji coba ujian untuk persiapan US. "Kami sebelumnya sudah melakukan pengayaan, tryout, hingga pendalaman pembelajaran agar mereka bisa siap," ujar pria ramah ini, Senin (22/4).

 Andik mengatakan, para anak binaan yang mengikuti ujian itu berasal dari latar berbagai daerah di Jawa Timur. Mereka harus menjalani masa pidana di LPKA karena terjerat masalah hukum. "Ada dari Surabaya, Pasuruan, Malang, sampai Kediri," terangnya.

Dari sejumlah itu, kasus hukum yang menjerat anak-anak didominasi kasus narkoba. Lainnya adalah perkara tindak kriminal umum. LPKA dalam hal ini bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Kota Blitar untuk kelancaran USBN.

Selain itu, anak-anak binaan juga difasilitasi seragam SD. Seragam itu dipinjampakaikan kepada anak-anak. "Termasuk sepatu hingga peralatan tulis semua kami pinjampakaikan," terang pria murah senyum ini.

 Sesuai jadwal, US digelar selama tiga hari. Hari pertama mapel bahasa Indonesia. Kemudian dilanjutkan besok (23/4) mapel matematika dan hari terakhir mapel Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). "Untuk jenjang ujian jenjang SMP, kami ada satu anak binaan yang ikut. Ujiannya ditempatkan di MTs Al Falah, Talun," tandas Andik.

(rt/abd/kan/red/JPR)

Alur Cerita Berita

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia