Selasa, 21 May 2019
radartulungagung
icon-featured
Blitar

Pelaksanaan UNBK SMP, Masih Ada Sekolah yang Numpang

23 April 2019, 16: 10: 59 WIB | editor : Retta wulansari

Ilustrasi

Ilustrasi (JawaPos.Com)

BLITAR KOTA - Sebanyak 16 warga binaan Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Blitar mengikuti ujian sekolah berstandar nasional (USBN) tingkat sekolah dasar (SD) Senin (22/4). Para anak binaan itu mengerjakan soal ujian di dalam LPKA.

 Sementara itu, di hari yang sama, ujian nasional berbasis komputer (UNBK) jenjang sekolah menengah pertama (SMP) digelar Senin (22/4). Hari pertama ujian para peserta mengerjakan mapel bahasa Indonesia. UNBK Senin (22/4) berjalan cukup lancar. Tidak ditemukan kendala teknis maupun nonteknis.

Seperti sebelumnya, 24 lembaga SMP baik negeri maupun swasta melaksanakan UNBK. Lima sekolah di antaranya harus menumpang di sekolah lain. Sedangkan sisanya mandiri. Meskipun mandiri, sekolah harus meminjam laptop untuk memenuhi kebutuhan perangkat komputer.

Salah satunya seperti yang dilakukan oleh SMPN 3 Blitar. Dari 190 unit komputer untuk UNBK, sekolah baru bisa memenuhi sekitar 80 unit komputer. “Sisanya kami kerja sama dengan orang tua dan siswa untuk meminjam laptop. Sebab, kami berupaya maksimal untuk bisa mandiri,” terang kepala SMPN 3 Blitar Achmad Nachroni, Senin (22/4).

 Pria yang akrab disapa Mamad ini mengatakan, telah menyiapkan lima ruang untuk ujian berbasis komputer tersebut. Dengan jumlah lima ruang itu, bisa menyingkat sesi ujian. “Alhamdulillah dengan kerja keras, UNBK bisa kami laksanakan hanya dua sesi saja,” kata pria ramah ini.

 Dia berharap pelaksanaan UNBK tahun depan bisa memiliki parangkat komputer sendiri. Jadi, tidak perlu lagi meminjam laptop siswa maupun guru. “Kami hanya bisa berharap dapat bantuan dari pemerintah kota. Alhamdulillah, UNBK kali ini kami sudah dapat bantuan dari pemerintah 18 unit komputer. Semoga tahun depan bisa dapat bantuan lagi,” harapnya.

(rt/abd/kan/red/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia