Selasa, 12 Nov 2019
radartulungagung
icon-featured
Tulungagung

Bahaya Penggunaan Plastik Bagi Kesehatan Sebagai Pembungkus Makanan

23 April 2019, 20: 20: 59 WIB | editor : Retta wulansari

Ilustrasi

Ilustrasi (JawaPos.Com)

TULUNGAGUNG – Tak dapat disangkal bahwa plastik menjadi bagian tak terpisahkan dari kebiasaan sehari-hari. Terutama sebagai wadah atau pembungkus produk makanan. Patut diwaspadai, memanfaatkan plastik sebagai pembungkus makanan dapat mengganggu kesehatan.

Kasi Kefarmasian dan Perbekalan Dinas Kesehatan (Dinkes) Tulungagung Masduki menuturkan, masyarakat perlu mewaspadai penggunaan plastik yang tidak tepat pada jenis pangan. “Sebab, semua jenis plastik dibuat dari minyak bumi dan dicampur dengan berbagai bahan kimia lain. Jadi, berisiko bagi kesehatan tentunya,” terangnya Senin (22/4).

Masduki menguraikan, setidaknya ada beberapa jenis bahan plastik yang biasa tersedia di pasaran. Antara lain low density polyethylene (LDPE), linear low density polyethylene (LLDPE), high density polyethylene (HDPE), polypropylene (PP), dan oriented poly propylene (OPP). Setiap bahan plastik memiliki titik leleh dan titik melunak tinggi yang berbeda. Pada masyarakat, penggunaan plastik biasa digunakan untuk perebusan atau pengukusan. Salah satu contohnya untuk proses pembuatan lontong.

(rt/nda/did/red/JPR)

Alur Cerita Berita

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia