Senin, 27 May 2019
radartulungagung
icon-featured
Trenggalek

Deretan Hambatan Ini Warnai Pelaksanaan UNBK Hari Kedua

24 April 2019, 15: 20: 59 WIB | editor : Retta wulansari

AMAN: Peserta UNBK di SMPN 3 Trenggalek mengerjakan soal mapel matematika pada pelaksanaan hari kedua, Selasa (24/3).

AMAN: Peserta UNBK di SMPN 3 Trenggalek mengerjakan soal mapel matematika pada pelaksanaan hari kedua, Selasa (24/3). (ZAKI JAZAI/ RADAR TRENGGALEK)

TRENGGALEK - Listrik padam, penurunan daya listrik, atau pengurangan kuota internet masih menjadi penghambat dalam pelaksanaan ujian nasional berbasis komputer (UNBK) jenjang SMP sederajat, tak terkecuali di Kota Keripik Tempe. Untung, karena persiapan yang dilakukan penyelenggara sudah matang, hal tersebut tidak memengaruhi proses pelaksanaan secara keseluruhan. Seperti diungkapkan Kabid Pembinaan SMP Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Trenggalek Maryono.

Menurut dia, pelaksanaan UNBK SMP pada hari kedua Selasa (23/4) praktis ada sedikit gangguan. Itu terlihat ada penurunan daya listrik di wilayah Kecamatan Panggul, juga ada pemadaman di wilayah Kecamatan Dongko. Kendati demikian, hal tersebut tidak memengaruhi jalannya pelaksanaan. Sebab, panitia di dua lokasi itu menyediakan genset untuk mengantisipasinya. “Gangguan di SMPN 3 Panggul terjadi pada sesi I, sedangkan di SMPN 1 Dongko pada sesi II. Alhamdulillah sekolah bersangkutan menyediakan genset sehingga UNBK masih bisa tetap berlangsung,” katanya.

Dia melanjutkan, untuk gangguan internet pada pelaksanaan hari kedua terbilang lancar. Namun, pada pelaksanaan hari pertama, ada gangguan pada server pusat sehingga pengunduhan token yang semula dijadwalkan pukul 07.00, baru bisa dilakukan sekitar pukul 07.15. “Berdasarkan jadwal, UNBK dilaksanakan pukul 07.30. Kendati ada sedikit keterlambatan, tidak mengganggu jalannya pelaksanaan,” jelasnya.

(rt/zak/dre/red/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia