Kamis, 23 May 2019
radartulungagung
icon-featured
Blitar

Hal Ini Dapat Terjadi Karena Konsenstrasi yang Buruk Saat Berkendara

24 April 2019, 22: 15: 59 WIB | editor : Retta wulansari

Ilustrasi

Ilustrasi (JawaPos.Com)

BLITAR KOTA – Mulai bulan depan, pengendara sepeda motor maupun roda empat tidak boleh merokok ketika berkendara. Itu jika tidak ingin terkena tilang polisi.

Kasatlantas Polres Blitar Kota AKP Bayu Halim Nugroho mengatakan, larangan berkendara saat merokok tersebut sudah diatur dalam Permenhub Nomor 12 Tahun 2019. Sebab, merokok saat berkendara ini bisa mengganggu konsentrasi pengendara. “Sebenarnya merokok itu boleh-boleh saja. Tetapi jangan saat berkendara. Yang menjadi poin kami itu konsentrasi pengendaranya,” ujar perwira berpangkat tiga balok di pundak ini.

Menurutnya, konsentrasi amatlah diperlukan ketika berkendara. Sebab jika konsentrasi pengendara berkurang, bisa berpontensi kecelakaan. Selain hilangnya konsentrasi, penyebab kecelakaan lainnya karena pelanggaran berlalu lintas.

Sementara itu, mengawali kegiatan operasi lalu lintas, satlantas melakukan operasi di Jalan Tanjung. Tepat di pertingaan Jalan Tanjung, polisi lalu lintas sudah operasi sejak pukul 14.00. Sedikitnya, puluhan pengendara terjaring operasi tersebut. Mereka yang melanggar langsung ditilang.

Di samping itu, aksi humanis juga ditunjukkan polisi lalu lintas. Bagi pengendara yang membonceng anaknya yang tidak menggunakan helm, polisi tidak menilangnya. Polisi malah memberikan helm kepada anak kecil tersebut.

(rt/kan/abd/red/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia