Kamis, 19 Sep 2019
radartulungagung
icon-featured
Hukum & Kriminal

Terpincang-Pincang, Tersangka Mutilasi Ini Jalani Adegan Rekonstruksi

24 April 2019, 16: 50: 59 WIB | editor : Retta wulansari

ADEGAN: Dengan terpincang-pincang salah satu tersangka kasus mutilasi yang sedang menjalani rekonstruksi, Rabu (24/4).

ADEGAN: Dengan terpincang-pincang salah satu tersangka kasus mutilasi yang sedang menjalani rekonstruksi, Rabu (24/4). (M. SUBCHAN/RADARTULUNGAGUNG.ID)

BLITAR KABUPATEN - Ada delapan adegan rekontruksi yang diperagakan TKP di Blitar dari Total 38 adegan yang diperagakan dua tersangka, Aris Sugianto dan Azis Prakoso. 30 adegan sisanya itu diperagakan di wilayah Kediri.

Proses rekontruksi yang dimulai sekitar pukul 12.30 itu dipimpin Kasubdit III Jatanras Ditreskrimum Polda Jatim AKBP Leonard Sinambela. Dengan berjalan terpincang-pincang, dua tersangka melakukan rekontruksi dengan runtut.

Rekontruksi diawali di TKP jembatan Desa Karanggondang, Kecamatan Udanawu, lokasi pembuangan potongan tubuh Budi. "Selain di TKP pembuangan ini, kami berlanjut di TKP rumah salah satu pelaku (Aris Sugianto)," kata Kasubdit III Jatanras Ditreskrimum Polda Jatim AKBP Leonard Sinambela, katanya, di sela-sela rekontruksi, Rabu (24/4).

Di TKP jembatan tersebut, dua tersangka Aris dan Azis memeragakan bagaimana proses membuang  potongan tubuh Budi yang sudah dimasukkan dalam koper itu. Pada adegan pembuangan itu, Aris dan Azis berboncengan mengendarai sepeda motor Honda Scoopy milik korban menuju pinggir kali Termas Lama timur jembatan.

Setelah sampai, kedua tersangka langsung membuang koper berisi mayat Budi yang tanpa kepala itu ke tepi kali secara bersama. "Mereka membuang bersama-sama dengan cara melempat dari atas plengsengan," terang perwira berpangkat dua melati di pundak ini.

ADEGAN: Dengan terpincang-pincang salah satu tersangka kasus mutilasi yang sedang menjalani rekonstruksi, Rabu (24/4). (M. SUBCHAN/RADARTULUNGAGUNG.ID)

Polisi yang akrab disapa Leo ini mengatakan, di TKP jembatan itu ada tiga adegan yang diperagakan. Sedangkan adegan sisanya diperagakan di rumah tersangka Aris di Desa Mangunan, Kecamatan Udanawu.

Lokasi rumahnya itu sekitar 1,5 kilometer dari TKP pembuangan tubuh korban. "Di rumah tersangka Aris ini diperagakan bagaimana pelaku berusaha menghilangkan jejak dengan cara membakar pakaian korban dan menyembunyikan sepeda motor korban," beber polisi ramah ini.

Seperti diketahui, proses rekontruksi di Blitar ini merupakan rangkaian dari rekontruksi di wilayah Kediri. Total ada 38 adegan yang dipraktikan oleh dua tersangka.

(rt/kan/abd/red/JPR)

Alur Cerita Berita

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia