Jumat, 24 May 2019
radartulungagung
icon-featured
Hukum & Kriminal

Temukan DPO Curanmor 12 TKP Dari Penggerebakan Pasangan Mesum

25 April 2019, 02: 00: 59 WIB | editor : Didin Cahya FS

TERTUNDUK: Pencuri dan penadah motor curian berhasil diamankan polisi Tulungagung.

TERTUNDUK: Pencuri dan penadah motor curian berhasil diamankan polisi Tulungagung. (POLRES TULUNGAGUNG FOR RADARTULUNGAGUNG.ID)

TULUNGAGUNG- Pencurian kendaraan bermotor di 12 tempat kejadian perkara (TKP) yang terdiri atas sembilan tempat di wilayah hukum Polres Tulungagung dan tiga tempat di Blitar mulai terkuak.

Tim buru sergap (buser) Polres Tulungagung pada Selasa (23/4) lalu berhasil membekuk pelaku bernama R M Cristanto Yuda Prasetyo, 32, warga Kelurahan Karanwaru, Kecamatan Tulungagung. Tidak hanya itu, polisi juga membekuk pelaku lain yang diduga sebagai penadah yakni Zaenal Arifin, 46, warga Desa Jatitengah, Kecamatan Selopuro, Kabupaten Blitar.

Kapolres Tulungagung AKBP Tofik Sukendar melalui Kasubbag Humas AKP Sumaji  menjelaskan, terungkapnya kasus curanmor tersebut bermula dari laporan beberapa korbannya ke Polres Tulungagung. Mayoritas mereka melaporkan jika sepeda motornya telah dicuri. “Ada beberapa korban lebih dari dua orang melaporkan dengan keluhan sama,” katanya.

Berbekal informasi tersebut, lanjut Sumaji, polisi langsung menyelidiki. Hasilnya, di dua TKP yakni di daerah Kelurahan Jepun dan Karangwaru, polisi berhasil mengidentifikasi pelaku yang sempat terekam kamera CCTV. Bahkan, dari dua TKP tersebut terlihat ada kesamaan pelaku. “Kami sudah mengantongi ciri-ciri pelaku dan ada kesamaan melalui rekaman CCTV,” terangnya.

Tidak disangka-sangka, jelang pemungutan suara Pemilu 2019, Polsek Wates Kabupaten Kediri menggerebek pelaku mesum di Desa Duwet. Saat itu, kedua pasangan yang bukan suami-istri tersebut sempat dibawa ke kantor desa setempat untuk dilakukan pendataan. Setelah terjadi kesepakatan, pasangan tersebut kemudian diizinkan pulang. “Nah, dari situ petugas curiga dengan pelaku pria yang mirip dengan DPO curanmor. Namun saat itu telanjur dilepas,” imbuhnya.

Sumaji melanjutkan, saat informasi tersebut dicek, ternyata benar pelaku pria yang digerebek tersebut adalah DPO curanmor. Berdasarkan keterangan sejumlah saksi dan teman wanitanya, akhirnya polisi berhasil mendeteksi keberadaan R M Cristanto Yuda Prasetyo alias Babi, di warung kopi (warkop) masuk Desa Sumber, Kecamatan Nglegok, Kabupaten Blitar. “Betis kaki kiri pelaku diberi hadiah timah panas oleh petugas karena tidak kooperatif,” jelasnya.

(rt/iyo/did/JPR)

Alur Cerita Berita

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia