Jumat, 06 Dec 2019
radartulungagung
icon-featured
Features

Industri Kreatif Ini Bisa Buka Peluang Usaha Bagi Warga Sekitar

25 April 2019, 14: 50: 59 WIB | editor : Retta wulansari

TETAP EKSIS DAN KREATIF: Beberapa pekerja sedang mengisi dakron untuk isian bantal.

TETAP EKSIS DAN KREATIF: Beberapa pekerja sedang mengisi dakron untuk isian bantal. (SITI NURUL LAILIL M/RATU)

TULUNGAGUNG - Ada banyak industri kreatif yang berkembang saat ini. Baik di bidang crafting, kuliner, ataupun lainnya. Tentu, produk mereka lebih inovatif daripada yang lain sehingga mampu bersaing dengan industri lainnya. Salah satunya seperti industri bantal.

Industri bantal juga mampu memberikan peluang pekerjaan bagi warga sekitar yang tentu hasilnya bisa menambah pendapatan ekonomi mereka. "Ada sekitar 15 orang yang bekerja di sini. Ada bagian bordir, potong, hingga menjahit. Rerata waga desa setempat, tapi juga ada dari Sendang dan Mojo, Kediri," terang pemilik industri bantal, Risqi Fitriani.

Dia menjelaskan, banyaknya pekerja di bawah naungannya karena produksi bantalnya cukup besar. Bahkan melayani jumlah partai. Terlebih bantal buatannya sering kali dipesan untuk kado; souvenir; serta tanda kenangan untuk berbagai acara seperti reuni, ulang tahun, syukuran kelahiran, wedding, dan masih banyak lainnya. "Kelebihan kami bisa melayani sesuai pesanan dengan beragam bentuk. Bisa dengan hiasan bordir, printing, ataupun lainnya," katanya.

Industri yang dikelolanya tersebut diakuinya juga seringkali diikutsertakan dalam pameran. Meski dampaknya tak signifikan, diakui brand-nya lebih dikenal. Dia mengatakan, pemasarannya kebanyakan dari media sosial (medsos). Kata dia, medsos bisa lebih menjangkau konsumen secara nasional. "Kan sudah serba praktis ya, misal kirim juga ada jasa pengiriman, pemasaran juga sudah ada medsos. Jadi untuk menjalankan usaha ini lebih mudah, tapi butuh ketelatenan," katanya.

(rt/lai/dre/red/JPR)

Alur Cerita Berita

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia