Senin, 09 Dec 2019
radartulungagung
icon-featured
Tulungagung

Serunya Cari Ikan Lele Dengan Gogoh

25 April 2019, 21: 20: 59 WIB | editor : Retta wulansari

BERBURU LELE: Ratusan warga Desa Wates, Kecamatan Sumbergempol menjeburkan diri ke saluran irigasi. Mereka menangkap ikan lele yang dilepas panitia dengan gogoh.

BERBURU LELE: Ratusan warga Desa Wates, Kecamatan Sumbergempol menjeburkan diri ke saluran irigasi. Mereka menangkap ikan lele yang dilepas panitia dengan gogoh. (AGUS DWIYONO/RATU)

TULUNGAGUNG - Ada pemandangan berbeda dibanding hari-hari biasanya di saluran irigasi masuk Desa Wates, Kecamatan Sumbergempol, Rabu (24/4). Sekitar pukul 13.00 Wib, ratusan kaum adam baik orang dewasa dan anak-anak sibuk beraktivitas di irigasi yang berisi air tersebut.

Tampak ratusan warga beberapa menit menjeburkan tubuhnya ke irigasi tersebut dan hanya kepala yang tampak di permukaan air. Mereka rupanya sibuk menangkap ikan dengan tangan kosong alias gogoh. Aktivitas seperti ini sudah lama tidak mereka lakukan.

Ada sekitar satu kuintal ikan lele yang dilepas panitia. Lele tersebut diperebutkan ratusan warga sekitar. Namun, tidak jarang dari mereka yang tak sesuai dengan harapan. “Banyak yang tidak dapat karena airnya terlalu dalam sehingga lele tersebut hanya liwat di atas tangan,” ungkap Bejan, warga sekitar.

Pria yang juga sebagai peserta gogoh iwak tersebut mengaku senang melakukan kegiatan yang sudah lama ditinggalkan warga sekitar. Menurut dia, kegiatan gogoh iwak tersebut sudah tidak dilakukan sekitar empat tahunan. “Sudah lama memang tidak ada kegiatan seperti ini. Kebetulan ada agenda panen raya dan salah satu acaranya gogoh iwak ini,” jelasnya.

(rt/iyo/dre/red/JPR)

Alur Cerita Berita

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia