Minggu, 16 Jun 2019
radartulungagung
icon-featured
Tulungagung

Sejumlah Kendala Ini Warnai Pelaksanaan UNBK Tingkat SMP

26 April 2019, 13: 55: 59 WIB | editor : Retta wulansari

Ilustrasi

Ilustrasi (JawaPos.Com)

TULUNGAGUNG – Pelaksanaan ujian nasional berbasis komputer (UNBK) tingkat SMP berakhir Kamis (25/4). Tercatat, dari 12.213 siswa yang mengikuti ujian, 53 di antaranya tidak ikut ujian.

Kasi Kurikulum SMP Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dispendikpora) Tulungagung Purwono tak menampik bahwa berbagai kendala teknis masih mewarnai pelaksanaan UNBK kali ini. Seperti yang terjadi di SMPN 2 Kauman Kamis (25/4). Ujian pada sesi satu terpaksa mundur hingga 1,5 jam. Ini karena salah satu ruangan menggunakan wifi untuk koneksi internet. “Total mereka menggunakan tiga ruangan dan salah satu ruangan menggunakan wifi untuk jaringan internet. Ternyata ini memengaruhi ruangan lain yang menggunakan LAN (local area network) akhirnya lemot dan molor 1,5 jam,” terangnya.

Dari berbagai peristiwa selama pelaksanaan UNBK, pria 58 tahun ini mengungkapkan, kesiapan sarana prasana (sarpras) menjadi hal yang utama. Untuk itu, peristiwa itu dapat menjadi evaluasi sekaligus perbaikan untuk tahun mendatang.

Meski mengalami berbagai kendala teknis, pelaksanaan UNBK terbilang lancar hingga hari terakhir selesai. “Ya, memang masih banyak yang perlu diperbaiki. Semua bertahap dan ini menjadi bahan evaluasi juga untuk semua,” jelasnya.

(rt/did/nda/red/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia