Minggu, 16 Jun 2019
radartulungagung
icon-featured
Tulungagung

Berikut Permasalahan yang Kerap Muncul Dalam Pelaksanaan UNBK

26 April 2019, 14: 25: 59 WIB | editor : Retta wulansari

FOKUS: Siswa kelas IX ketika mengikuti UNBK di ruang laboratorium SMPN 2 Tulungagung Kamis (25/4).

FOKUS: Siswa kelas IX ketika mengikuti UNBK di ruang laboratorium SMPN 2 Tulungagung Kamis (25/4). (ANANIAS AYUNDA PRIMASTUTI/RATU)

TULUNGAGUNG – Pelaksanaan ujian nasional berbasis komputer (UNBK) tingkat SMP berakhir Kamis (25/4). Tercatat, dari 12.213 siswa yang mengikuti ujian, 53 di antaranya tidak ikut ujian.

Meski mengalami berbagai kendala teknis, pelaksanaan UNBK terbilang lancar hingga hari terakhir selesai. “Ya, memang masih banyak yang perlu diperbaiki. Semua bertahap dan ini menjadi bahan evaluasi juga untuk semua,” jelas Kasi Kurikulum SMP Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dispendikpora) Tulungagung Purwono.

Ditemui di tempat lain, koordinator helpdesk UNBK SMP Kabupaten Tulungagung, Agung Sridarma Wijaya membenarkan jika kendala teknis selalu menjadi permasalahan pada pelaksanaan ujian.

Bahkan pada hari pertama dan kedua ujian, server pusat sempat down. Akibatnya, proses akses administrasi sedikit terhambat. “Karena peserta ujian tahun ini juga lebih banyak dibandingkan tahun lalu, server pusat pun sempat down. Jadi, ini adalah permasalahan nasional,” tuturnya.

Agung menuturkan, permasalahan yang kerap muncul yakni server terserang virus. Untuk itu, teknisi harus sering kali melakukan scanning. Tak hanya itu, tipe atau jenis server yang digunakan sebaiknya paling baru dan update. Pasalnya, program yang digunakan untuk UNBK tergolong berat.

Untuk itu, diimbau agar teknisi dan progtor memastikan bahwa server yang digunakan mampu menaungi jumlah klien yang ada. Sesuai dengan peraturan, satu server dengan RAM minimal 8 giga setidaknya mampu untuk 40 klien. “Jadi, semua harus imbang, sesuai dengan rasionya. Karena kalau RAM pada server rendah, tentu dapat mengganggu,” urainya.

(rt/did/nda/red/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia