Rabu, 17 Jul 2019
radartulungagung
icon-featured
Features

Berikut Deretan Manfaat Bunga Belimbing Wuluh Bagi Kesehatan

26 April 2019, 21: 00: 59 WIB | editor : Retta wulansari

BERMANFAAT: Bunga belimbing wuluh bisa digunakan untuk kesehatan. Yakni pereda batuk.

BERMANFAAT: Bunga belimbing wuluh bisa digunakan untuk kesehatan. Yakni pereda batuk. (WHENDY GIGIH PERKASA/RADAR BLITAR)

BLITAR - Orang dewasa apabila terkena sakit batuk berdahak, bisa mengeluarkan dahaknya, baik melalui hidung atau mulut. Sedangkan bayi ataupun balita, biasa bersamaan dengan muntah (gumoh). Ada berbagai obat yang bisa digunakan untuk meredakan batuk. Salah satunya bunga belimbing wuluh.

Belimbing wuluh (Averrhoa bilimbil) termasuk suku atau familia Oxalidaceae. Secara tradisional, tanaman ini banyak dimanfaatkan untuk mengatasi berbagai penyakit seperti batuk, asma, diabetes, rematik, gondongan, sariawan, sakit gigi, gusi berdarah, sampai tekanan darah tinggi (hipertensi).

Bagian yang biasa digunakan adalah buah, batang, daun, dan bunganya. Keempat bagian tersebut banyak mengandung senyawa yang berkhasiat. Di antaranya saponin, tannin, glukosida, dan kalsium.

Puspaningtyas, salah seorang yang cukup mengerti obat herbal mengatakan, saponin pada belimbing wuluh bersifat seperti sabun atau deterjen. Pada beberapa penelitian, saponin belimbing wuluh mempunyai efek antitusif dan expectorant. “Inilah yang membantu penyembuhan batuk,” jelasnya.

(rt/whe/red/JPR)

Alur Cerita Berita

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia