Minggu, 16 Jun 2019
radartulungagung
icon-featured
Pendidikan

Fungsi Nilai Unas SMP Saat Pelaksanaan PPDB Tahun Ajaran 2019/2020

27 April 2019, 10: 00: 59 WIB | editor : Didin Cahya FS

SERIUS : Siswa kelas IX ketika mengikuti UNBK di SMPN 2 Tulungagung Kamis (25/4) lalu. Nilai UNBK tetap digunakan dalam PPDB SMA/SMK.

SERIUS : Siswa kelas IX ketika mengikuti UNBK di SMPN 2 Tulungagung Kamis (25/4) lalu. Nilai UNBK tetap digunakan dalam PPDB SMA/SMK. (ANANIAS AYUNDA PRIMASTUTI/RADARTULUNGAGUNG)

TULUNGAGUNG – Penerimaan peserta didik baru (PPDB) kali ini sedikit berbeda. Berdasarkan surat edaran Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), bahwa nilai ujian nasional (unas) tidak sebagai syarat seleksi dalam PPDB. Baik untuk jalur zonasi maupun jalur perpindahan tugas orang tua atau wali.

Namun nilai unas hanya sebagai syarat administrasi dalam PPDB. Meski demikian Dinas Pendidikan (Dispendik) Jawa Timur (Jatim) memastikan nilai unas tetap akan digunakan dalam PPDB. Nilai unas digunakan jika terjadi kesamaan zona dan waktu pendaftaran calon peserta didik.

Menanggapi hal itu, Kasi SMK dan Pembinaan Pendidikan Khusus dan Layanan Khusus (PKLK) Cabang Dispendik Jatim wilayah Tulungagung–Trenggalek, Subagyo membenarkan hal tersebut. “Sementara ini informasi yang kami dapat seperti itu. Jadi nilai unas akan berperan ketika ada kesamaan zona dan waktu pendaftaran calon peserta didik baru. Jadi nanti dilihat ranking nilai,”terangnya kemarin (26/4).

Lanjut dia, pemeringkatan untuk seleksi jalur zonasi dilakukan dengan beberapa ketentuan. Yang pertama adalah seleksi zona, selanjutnya berdasarkan waktu pendaftaran. Siapa yang mendaftar lebih dahulu akan diprioritaskan. Untuk itu nilai unas akan digunakan jika ada kesamaan zona dan waktu pendaftaran.

(rt/nda/did/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia