Senin, 09 Dec 2019
radartulungagung
icon-featured
Tulungagung

Perbaikan Plengsengan Jembatan Ngujang I Hampir Rampung

27 April 2019, 11: 00: 59 WIB | editor : Didin Cahya FS

TINGGAL SEDIKIT LAGI : Seorang pekerja sedang memperbaiki plengsengan jembatan ngujang I yang ambrol beberapa waktu.

TINGGAL SEDIKIT LAGI : Seorang pekerja sedang memperbaiki plengsengan jembatan ngujang I yang ambrol beberapa waktu. (HENNY SURYA AKBAR PURNA PUTRA/RADAR TULUNGAGUNG.ID)

 TULUNGAGUNG – Setelah sempat menjadi perhatian masyarakat dan pejabat terkait, karena ambrolnya plengsengan sebelah barat Jembatan Ngujang I Rabu (6/3) lalu, kini diperbaiki. Bahkan, perbaikan plengsengan sudah hampir selesai atau mencapai 90 persen,  Jumat (26/4). Perbaikan itu memakan waktu sekitar empat minggu, karena yang diperbaiki tak hanya plengsengan, tapi juga pembuatan saluran air.

Mandor pembangunan plengsengan Jembatan Ngunjang I Bambang mengungkapkan, karena saluran air tak berfungsi dengan optimal, maka ketika hujan, air tersebut tidak mengalir teratur di saluran pembuangan air. Sehingga, plengsengan itu longsor. Sebab, tanah di sebelah barat plengsengan terus-menerus terkikis. “Longsor beberapa waktu tak berdampak langsung terhadap jembatan Ngujang I, tapi jika tak cepat diperbaiki longsor akan semakin meluas sampai ke bawah jembatan,” ungkapnya.

Karena itu, tim perbaikan memprioritaskan perbaikan saluran air dahulu, setelah memperbaiki plengsengan. Perbaikan itu dengan cara membuat saluran air baru dan disambungkan dengan saluran air di depan kantor Satuan Lalu Lintas (Satlantas). Dengan demikian, air hujan tak lagi mengalir di atas tanah sebelah barat jembatan. Namun, mengalir di bawah tanah yang teradapat gorong-gorong. “Gorong-gorong sudah saling menyambung,” ujarnya.

(rt/pur/did/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia