Jumat, 06 Dec 2019
radartulungagung
icon-featured
Ekonomi

Hasilkan Pundi-Pundi Rupiah dari Barang Bekas

27 April 2019, 17: 20: 59 WIB | editor : Retta wulansari

Ilustrasi

Ilustrasi (JawaPos.Com)

TULUNGAGUNG - Siapa bilang memanfaatkan barang bekas jadi produk bernilai jual itu sulit. Jika mampu menangkap peluang serta bisa membuat inovasi produk yang unik dan menarik, tentu akan mendatangkan pundi-pundi rupiah.

Seperti yang dilakukan seorang juru sungging atau perajin wayang kulit di Tulungagung, Lamuni. Pria ramah tersebut mampu memanfaatkan sisa dari pembuatan wayang kulit menjadi produk gantungan kunci dengan bentuk wayang yang berukuran mini. Tentu, hasil gantungan kuncinya itu unik bahkan banyak diminati untuk dijadikan souvenir.

Lamuni saat ditemui di rumahnya di Desa Jatimulyo, Kecamatan Kauman mengaku hari-harinya biasa disibukkan dengan mengerjakan pesanan wayang kulit dari pelanggannya. Tapi ketika sedang sepi garapan, biasanya membuat kerajinan gantungan kunci dengan memanfaatkan kulit sisa pembuatan wayang yang berukuran standar. Untuk sisa kulit yang biasa digunakan, di antaranya kulit kambing, sapi, dan kerbau yang telah disamak dengan ukuran yang tidak beraturan. "Cara pembuatannya sama, dimal terlebih dahulu dengan katakter tokoh wayang yang diinginkan kemudian ditatah. Tapi bedanya ini ukurannya kecil," katanya.

(rt/lai/dre/red/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia