Jumat, 06 Dec 2019
radartulungagung
icon-featured
Ekonomi

Cerita Awal Mula Bisnis Produk Gantungan Kunci Wayang Mini

27 April 2019, 18: 05: 59 WIB | editor : Retta wulansari

KREATIF: Gantungan kunci bentuk wayang mini buatan Lamuni banyak dipesan dijadikan souvenir.

KREATIF: Gantungan kunci bentuk wayang mini buatan Lamuni banyak dipesan dijadikan souvenir. (SITI NURUL LAILIL M/RATU)

TULUNGAGUNG - Siapa bilang memanfaatkan barang bekas jadi produk bernilai jual itu sulit. Jika mampu menangkap peluang serta bisa membuat inovasi produk yang unik dan menarik, tentu akan mendatangkan pundi-pundi rupiah.

Seperti yang dilakukan seorang juru sungging atau perajin wayang kulit di Tulungagung, Lamuni. Pria ramah tersebut mampu memanfaatkan sisa dari pembuatan wayang kulit menjadi produk gantungan kunci dengan bentuk wayang yang berukuran mini.

Meski ukurannya mini, juru sungging ini nyaris tidak ada kesulitan dalam menyelesaikan pesanan gantungan wayang kulit. Namun, ada tahap tertentu seperti proses mewarnai, membutuhkan kejelian tersendiri karena pewarnaan harus persis dengan wayang aslinya agar tetap nampak ketokohan wayang yang dibuat. "Ceritanya sih bermula ada orang pesan untuk dibuatkan gantungan kunci bentuk wayang. Hasilnya lumayan bagus. Akhirnya saya coba kembangkan, ternyata banyak penggemarnya," jelas seorang juru sungging atau perajin wayang kulit di Tulungagung, Lamuni.

(rt/lai/dre/red/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia