Selasa, 12 Nov 2019
radartulungagung
icon-featured
Sportainment

Berikut Ini Gejala Umum Alergi Akibat Penggunaan Sunscreen

30 April 2019, 10: 10: 59 WIB | editor : Retta wulansari

WASPADA: Ani Nurhaliza ketika menunjukkan alergi pada kulit wajah. Penggunaan sunscreen yang tak sesuai dapat menyebabkan alergi.

WASPADA: Ani Nurhaliza ketika menunjukkan alergi pada kulit wajah. Penggunaan sunscreen yang tak sesuai dapat menyebabkan alergi. (ANANIAS AYUNDA PRIMASTUTI/RATU)

TULUNGAGUNG - Paparan sinar matahari secara langsung dapat menimbulkan berbagai masalah kulit. Mulai kulit terbakar, timbulnya gejala penuaan, hingga risiko terkena kanker kulit. Tak heran jika sunscreen atau tabir surya menjadi ”senjata” bagi kaum hawa untuk melindungi kulit dari teriknya sinar matahari.

Namun, tak semua orang dapat menggunakan sunscreen. Bahkan, beberapa dapat memicu timbulnya alergi.

Ahli kecantikan, dr Annisa Chairani menjelaskan, beberapa gejala umum yang kerap timbul akibat penggunaan sunscreen antara lain, timbulnya ruam merah pada kulit, kulit terasa gatal, terjadi pembengkakan pada kulit, bahkan kulit dapat melepuh dan berisi cairan. “Reaksinya bisa macam-macam. Terkadang ada yang langsung bereaksi, ada juga beberapa hari setelah penggunaan. Gejala paling umum timbulnya ruam merah pada kulit,” terangnya.

Wanita 35 tahun ini mengatakan, pada dasarnya setiap orang dapat berisiko mengalami alergi sunscreen. Namun, ada beberapa faktor risiko alergi sunscreen. Terutama bagi wanita yang terlalu banyak mengenakan rangkaian produk kosmetik atau skincare. Ini dapat mengakibatkan menumpuknya bahan-bahan kimia pada kulit. “Penggunaan skincare berlebihan juga tidak disarankan karena dapat menimbulkan alergi. Terutama bagi pemilik kulit sensitif,” katanya.

(rt/nda/dre/red/JPR)

Alur Cerita Berita

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia