Minggu, 16 Jun 2019
radartulungagung
icon-featured
Sportainment

Lakukan Hal Ini Jika Mulai Muncul Gejala Alergi Sunscreen

30 April 2019, 10: 55: 59 WIB | editor : Retta wulansari

Ilustrasi

Ilustrasi (JawaPos.Com)

TULUNGAGUNG - Paparan sinar matahari secara langsung dapat menimbulkan berbagai masalah kulit. Mulai kulit terbakar, timbulnya gejala penuaan, hingga risiko terkena kanker kulit. Tak heran jika sunscreen atau tabir surya menjadi ”senjata” bagi kaum hawa untuk melindungi kulit dari teriknya sinar matahari.

Namun, tak semua orang dapat menggunakan sunscreen. Bahkan, beberapa dapat memicu timbulnya alergi.

Ahli kecantikan, dr Annisa Chairani mengungkapkan, bagi kaum hawa diharapkan tak sembarangan membeli dan menggunakan sunscreen. Seperti halnya dengan menggunakan kosmetik, penggunaan sunscreen juga disesuaikan dengan jenis kulit. Bagi pemilik kulit kering, sebaiknya gunakan jenis sunscreen losion atau gel. Untuk kandungan SPF, sebaiknya gunakan sunscreen dengan kandungan SPF 30 persen. Ini dianggap aman karena tidak banyak mengandung bahan kimia sehingga tidak minim sebabkan alergi.

Annisa mengimbau agar tak menggunakan sunscreen secara berlebihan. Jika sudah timbul gejala alergi, sebaiknya segera hentikan penggunaan. Untuk beberapa kasus ringan, ruam kemerahan pada kulit dapat reda dengan sendirinya. “Jika tak kunjung membaik, sebaiknya segera konsultasikan pada dokter. Untuk sementara, untuk meminimalisasi aktivitas luar ruangan. Ini membantu pemulihan kulit untuk sementara waktu,” katanya.

(rt/nda/dre/red/JPR)

Alur Cerita Berita

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia