Jumat, 06 Dec 2019
radartulungagung
icon-featured
Tulungagung

Waspadai Serangan Animea; Mudah Ngantuk, Lesu dan Hilang Konsentrasi

01 Mei 2019, 12: 20: 59 WIB | editor : Retta wulansari

Ilustrasi

Ilustrasi (JawaPos.Com)

TULUNGAGUNG - Rasa mengantuk memang sering menghampiri setelah waktu makan siang. Namun, harus waspada jika terus menerus merasa lesu, mudah mengantuk, dan kehilangan konsentrasi. Bisa jadi, mengalami gejala anemia.

Ya, anemia suatu penyakit kekurangan sel darah merah yang membantu transportasi oksigen ke seluruh sel tubuh. Defisiensi sel darah merah bisa bersifat sementara dan bisa dengan mudah diatasi dengan pola makan, suplemen. Tetapi bisa juga berkembang menjadi serius, bahkan bisa memerlukan transfusi darah.

Salah satu dokter umum, dr Eny Anggrainy mengatakan, anemia bisa terjadi banyak faktor. Misal faktor dari kekurangan vitamin B atau folat, atau penyebab yang lebih serius seperti ketidakmampuan tubuh menyerap vitamin karena terserang penyakit kronis, penggunaan obat-obatan, hamil, masalah sum-sum tulang dan masih banyak lainnya.

Kata Eny,  karena anemia terjadi dimana kondisi hemoglobin (HB) di bawah normal. Nilai normalnya yakni untuk pria13,8-17,2 gr/dl, wanita 12,1-15,1 gr/dl. "Jadi banyak faktor yang mempengaruhi anemia ini. Perlu mewaspadainya," tegasnya

(rt/lai/dre/red/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia