Minggu, 16 Jun 2019
radartulungagung
icon-featured
Tulungagung

Konsumsi Makanan Berikut Ini Agar Bumil Terhindar dari Anemia

01 Mei 2019, 13: 30: 59 WIB | editor : Retta wulansari

Ilustrasi

Ilustrasi (JawaPos.Com)

TULUNGAGUNG - Anemia suatu penyakit kekurangan sel darah merah yang membantu transportasi oksigen ke seluruh sel tubuh. Defisiensi sel darah merah bisa bersifat sementara dan bisa dengan mudah diatasi dengan pola makan, suplemen. Tetapi bisa juga berkembang menjadi serius, bahkan bisa memerlukan transfusi darah.

Salah satu dokter umum, dr Eny Anggrainy mengatakan mengatakan, anemia bisa bersifat sementara dan bisa dengan mudah diatasi istirahat yang cukup. Selain itu, banyak makan makanan yang mengandung zat besi misal, daging-dagingan; kacang-kacangan; sereal; sayuran hijau dan lainnya. 

Selain itu, juga Vitamin b12 dari susu; susu kedelai; dan Vitamin c dari jeruk; melon dan buah buahan lainnya. Begitu juga bagi bumil, biasanya untuk menghindari anemia diberi vitamin zat besi. "Jadi sembuh tidaknya tergantung penyebabnya. Contoh penyebab anemia seperti penyakit thalesemia, leukimia ini  tidak bisa sembuh total karena memang kelainan darah bawaan. Tapi kalo yang anemia karena kehamilan atau  kekurangan zat besi dengan pengobatan dan nutrisi cukup, bisa sembuh total," tandasnya.

(rt/lai/dre/red/JPR)

Alur Cerita Berita

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia