Selasa, 21 May 2019
radartulungagung
icon-featured
Tulungagung

Pipa Jembatan Mangunsari Terlepas Dari Badan Bangunan

02 Mei 2019, 20: 20: 59 WIB | editor : Retta wulansari

PERLU PERBAIKAN: Salah satu pipa di Jembatan Mangunsari yang sudah terlepas dari badan bangunan.

PERLU PERBAIKAN: Salah satu pipa di Jembatan Mangunsari yang sudah terlepas dari badan bangunan. (DHARAKA R. PERDANA/RATU)

TULUNGAGUNG – Meskipun saat malam Jembatan Mangunsari dihiasi gemerlap lampu, hal itu tidak menampilkan keutuhan bangunan peninggalan zaman kolonial Belanda ini. Pipa yang terpasang di bagian plengkungan jembatan ada yang kondisinya tak utuh lagi. Baik karena terlepas maupun ada karat. Kendati demikian, jembatan ini masih dianggap sebagai salah satu ikon wilayah perkotaan.

Bambang Santoko, salah satu pemerhati sejarah mengatakan, jembatan tersebut sebenarnya bernilai historis tinggi bagi masyarakat Kota Marmer. Apalagi sepengetahuannya, dulu pembangunan jembatan itu untuk menghubungkan kawasan timur dan barat yang terbelah Sungai Ngrowo di wilayah Mangunsari. “Bisa dikatakan ini menjadi salah satu ikon wilayah perkotaan Tulungagung,” katanya Selasa (30/4).

Menurut dia, selama ini instansi terkait sebenarnya sudah berupaya untuk memperindah area ini dengan pemasangan lampu light-emitting diode (LED). Namun bagi dia, hal itu belum cukup karena pipa yang menempel di badan jembatan sudah banyak yang terlepas. Umumnya memang dipicu besi yang tidak tahan karat. “Jika dibiarkan, tentunya dikhawatirkan semakin banyak yang terlepas dari struktur bangunan,” jelasnya.

Pria asal Kecamatan Kauman ini pun tidak menampik, semua pihak memang berkewajiban menjaga eksistensi bangunan kuno agar tidak semakin tergerus arus pembangunan yang semakin pesat. Terlebih untuk Jembatan Mangunsari, paling tidak kerusakan pipa harus diantisipasi. “Jika ada yang menjuntai ke jalan, tentunya bisa membahayakan pengguna jalan yang melintasi area ini. Apalagi di sekitarnya merupakan pusat perekonomian warga karena jembatan itu diapit dua pasar yang selalu ramai pengunjung,” ujarnya.

(rt/rak/did/red/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia