Senin, 16 Dec 2019
radartulungagung
icon featured
Ekonomi

Tim Satgas Pangan Sidak, Harga Bawang Putih Capai Rp 70 Ribu Per Kilo

03 Mei 2019, 20: 15: 59 WIB | editor : Anggi Septian Andika Putra

Tim Satgas Pangan Sidak, Harga Bawang Putih Capai Rp 70 Ribu Per Kilo

BLITAR KABUPATEN - Komoditas bawang putih dan ayam potong menjadi kebutuhan pokok yang mengalami lonjakan harga cukup tinggi. Di tingkat pengecer, harga bawang putih bertengger di kisaran Rp 60-70 ribu oer kilogram. 

Sedangkan untuk ayam potong, kini dijual dengan harga berkisar Rp 32-33 ribu per kilogram. Harga itu terpantau saat tim satgas pangan Polres Blitar melakukan sidak ke Pasar Wlingi kemarin Kamis (2/5) dengan sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait. 

Kepolisian turun tangan untuk mengecek kondisi harga sejumlah kebutuhan pokok menjelang puasa Ramadan. "Kami ingin memastikan langsung kondisi harga sejumlah kebutuhan pokok aman dan normal," kata Kasat Reskrim Polres Blitar AKP Sodik Effend, Jumat (3/5).

Sidak dilakukan juga untuk mengantisipasi terjadi praktek-praktek curang yang dilakukan oknum pedagang. Misalnya menaikkan harga secara tidak wajar hingga melakukakan penimbunan barang. "Jika memang ditemukan pelanggaran bisa ditindak tegas. Ada sanksinya sendiri nanti," tegas perwira berpangkat tiga balok di pundak ini. 

Sodik mengatakan, sidak mengecek sejumlah komoditi yang bervariasi. Mulai dari sembako (sembilan bahan pokok), bumbu dapur sampai daging-dagingan. "Dari pantauan kami, harga sembako cenderung normal. Persediaan juga cukup stabil," ungkap polisi ramah ini. 

Namun, ada beberapa komoditi yang harganya naik cukup signifikan. Yakni bawang putih dan ayam potong. Bawang putih dijual Rp 60 ribu per kilogram. Naiknya mencapai 80 persen. Dari sebelumnya dibanderol Rp 45 ribu per kilogram. 

Sementara ayam potong juga naik menjadi Rp 32-33 ribu per kilogram. Harga cabe rawit Rp 11-12 ribu per kilogram. Harga-harga itu diprediksi naik hingga memasuki Ramadan nanti.

(rt/kan/abd/ang/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia