Selasa, 12 Nov 2019
radartulungagung
icon featured
Tulungagung

Baru 221 CJH Periksa Kesehatan

07 Mei 2019, 13: 50: 59 WIB | editor : Anggi Septian Andika Putra

Baru 221 CJH Periksa Kesehatan

TULUNGAGUNG – Calon jamaah haji (CJH) yang sudah melunasi biaya perjalanan ibadah haji (BPIH) tahap II segera mengikuti pemeriksaan kesehatan.

Pasalnya, dinas kesehatan (dinkes) Tulungagung telah memulai jadwal pemeriksaan sejak Senin (22/4) lalu. Rencananya pemeriksaan kesehatan akan berlangsung hingga masa penulasana BPIH tahap II berakhir. Yakni 10 Mei mendatang.

“Waktu yang terbatas, sehingga kami sudah mulai lakukan periksa kesehatan dari tanggal 22 April kemarin. Karena cek kesehatan juga memerlukan waktu yang tidak sebentar,” ungkap Kabid pencegahan dan pengendalian penyakit Dinkes Tulungagung Anna Sapti Saripah kemarin (6/5).

Berdasarkan data sistem informasi dan komputerisasi haji terpadu (Siskohat) kesehatan, setidaknya ada 314 jamaah yang masuk dalam nominasi pelunasan BPIH tahap II.  Namun hingga kini baru sebanyak 221 jamaah sudah lakukan pemeriksaan kesehatan.

Anna merinci, dari 314 jamaah yang masuk dalam nominasi terbagi dalam tiga kelompok. Yakni kelompok penyatuan mahram (penggabungan suami-istri), lansia, dan pendamping lansia. “Kelompok lansia memang paling banyak Ini yang menjadi alasan kami untuk memulai pemeriksaan lebih awal,”tambahnya.

Wanita ramah ini melanjutkan, pemeriksaan kesehatan yang dilakukan sejak awal tentu dapat menjadi antisipasi rekam medis. Artinya, jika ditemukan suatu masalah kesehatan pada CJH dapat segera tertangani. Untuk rangkaian pemeriksaan kesehatan, Anna menjelaskan, setidaknya terdapat enam tahapan.

Yakni anamnesis atau wawancara riwayat kesehatan, pemeriksaan fisik, pemeriksaan laboratorium, pemeriksaan radiologi, pemeriksaan kejiwaan, dan pemeriksaan kebugaran.

Dia pun mengimbau bagi CJH yang melakukan pelunasan pada BPIH tahap II segera melakukan pemeriksaan kesehatan. Pemeriksaan kesehatan pun dapat dilakukan di setiap puskesmas sesuai dengan wilayah CJH.

“Bagi yang belum periksa untuk segera periksa, karena periksa kesehatan juga tidak sebentar,”  katanya.

(rt/nda/dre/ang/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia