Minggu, 16 Jun 2019
radartulungagung
icon featured
Politik

Gerindra-Demokrat Merosot, PKB-PKS Klaim Tambah Kursi

07 Mei 2019, 19: 05: 59 WIB | editor : Anggi Septian Andika Putra

Gerindra-Demokrat Merosot, PKB-PKS Klaim Tambah Kursi

TULUNGAGUNG – Partai yang memiliki kursi di DPRD Tulungagung pada periode 2014-2019 bakal memiliki nasib berbeda-beda pada pileg tahun ini. Ada yang mendapat tambahan kursi dibanding sebelumnya, stagnan, maupun berkurang. Kendati demikian mereka masih menunggu seperti apa pengumuman resmi dari KPU RI. Seperti diungkapkan Ketua DPC PKB Tulungagung Adib Makarim.

Menurut dia, sejak semula sudah optimistis partai yang dikomandaninya di Kota Marmer itu bisa meraih kesuksesan pada pileg 2019. Apalagi sejak awal juga sudah mempersiapkan semua strategi terbaik untuk meraih suara sebanyak-banyak. “Kami menilai, tahun ini sudah cukup baik. Karena ada peningkatan jumlah kursi dibanding periode sebelumnya,” katanya kemarin (6/5).

Adib mengatakan, hal tersebut pun berbanding lurus dengan perolehan suara. Di mana yang sebelumnya mendapat 67.999 suara (pileg 2014), namun kali ini bisa mendapat 90.074 suara atau meningkat 22.075 suara. “Ini yang harus disyukuri, karena progres yang dicapai sudah baik,” tambahnya.

Hal yang sama pun dialami PKS. Pada pileg tahun ini, mereka mendapat tiga kursi yang artinya mendapat tambahan satu kursi dibanding periode sebelumnya yang hanya mendapat 2 kursi.

Sedangkan untuk perolehan suara secara total meningkat 3.494 suara atau dari 31.754 pada 2014 menjadi 35.248. “Alhamdulillah, kami mendapat tambahan kursi pada tahun ini,” kata Ketua DPD PKS Reno Mardiputro.

Kondisi yang dialami PAN sedikit berbeda. Perolehan kursi partai berlambang matahari putih ini tidak berubah sama sekali dibandingkan periode sebelumnya. Pada tahun ini mereka pun tetap mendapat lima kursi. “Alhamdulillah, jumlah yang kami dapat tidak berubah dibanding sebelumnya,” kata Sekretaris DPD PAN Fendy Yuniar Marhaendra.

Di sisi lain, kemerosotan perolehan kursi justru dialami Gerindra dan Demokrat. Jika Gerindra pada pileg 2014 mendapat tujuh kursi, namun kali ini hanya mendapat lima atau kehilangan dua kursi.

“Kemungkinan besar hanya mendapat lima kursi, sehingga tidak bisa menyamai perolehan sebelumnya,” kata Sekretaris DPC Gerindra Ahmad Baharuddin.

Hal senada diungkapkan Ketua DPC Demokrat Sofyan Heryanto. Dia mengakui, pada pileg kali ini juga memberi dampak yang cukup terasa bagi partainya. Mengingat pada pileg 2019 hanya mendapat tiga kursi, padahal pada pileg lima tahun lalu bisa mendapat empat kursi. “Kami hanya mendapat tiga kursi untuk jabatan wakil rakyat lima tahun ke depan,” ungkapnya.

(rt/rak/ang/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia