Minggu, 16 Jun 2019
radartulungagung
icon-featured
Blitar

Satgas Pangan Kabupaten Blitar Pastikan Stok dan Harga Pangan Stabil

07 Mei 2019, 13: 38: 21 WIB | editor : Retta wulansari

PASTIKAN AMAN : Satgas Pangan Kabupaten Blitar saat memantau harga pangan di pasar.

PASTIKAN AMAN : Satgas Pangan Kabupaten Blitar saat memantau harga pangan di pasar. (BAGIAN HUMAS DAN PROTOKOL PEMKAB BLITAR FOR RADAR BLITAR)

BLITAR KABUPATEN- Memasuki Ramadan, satgas pangan baik provinsi Jawa Timur (Jatim) maupun Kabupaten Blitar terus melakukan pantauan harga. Tujuannya, memastikan ketersediaan bahan pokok sekaligus terjangkauannya daya beli masyarakat terhadap kebutuhan pokok pada  bulan suci ini.

Wakapolda Jatim Brigjen Pol Drs Toni Harmanto, M.H, saat video conference beberapa waktu lalu menyampaikan, satgas pangan di seluruh kabupaten/kota di Jatim harus mewaspadai ketersediaan stok pangan selama Ramadan dan Idul Fitri. Juga patut waspada terhadap kartel pangan yang dapat mempengaruhi harga.

Dia menyebutkan, komoditas perlu diwaspadai yakni bawang merah, bawang putih, telur ayam ras, daging ayam, dan daging sapi. 

Terkait hal tersebut, disarankan kabupaten/kota melaksanakan pasar murah, update informasi harga pangan dan bekerja sama dengan kominfo, serta mempublikasikan mengenai harga melalui media massa.

Orang nomor dua di Polda Jatim itu juga mengingatkan kembali bahwa pada tahun 2017 Jatim menempati predikat I satgas pangan tingkat nasional. Harapannya, tahun ini dapat predikat serupa. 

Dia menjelaskan, Perpres 71 tahun 2012 terkait dengan bahan pokok yang masuk komoditas peternakan dan perikanan, yakni daging sapi, daging ayam ras, telur ayam ras dan ikan segar.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Provinsi Jatim Ir Hadi Sulistyo, M.Si memaparkan, untuk kebutuhan bawang merah dan kedelai kini masih minim. Sementara stok jagung sebagai kebutuhan pangan dan pakan ternak sampai dengan awal Mei mencapai 1,7 ton. Diprediksi Juni 1,2 ton.

Sedangkan paparan dari Bulog Jatim dijelaskan bahwa ketersediaan beras kini 601.600 ton. Stok itu cukup sampai akhir tahun 2019. Untuk gula pasir mencapai 14.800 ton dan jagung bagi peternak 95,773 ton.

Di tempat yang sama, pihak Dinas Peternakan Jatim menyampaikan, stok daging sekitar 9.700 ton, Juni sekitar 10,541 ton. Antisipasi pada musim lebaran tingkat konsumsi daging di Jatim maksimal  sekiatr 10-120 ton.

Disebutkan juga pada tahun 2018, Jatim dapat peringkat I nasional tentang pengawasan pemotongan sapi betina produktif. 

Untuk populasi ayam ras potong tahun 2018 mencapai 14 juta ekor. Stok daging ayam Juni I sekitar 13,5 juta ton dan telur ayam ras stok pada Juni I sekitar 287 juta ton. Untuk mencukupi wilayah Jatim sudah sangat cukup bahkan lebih.

Sementara ini harga daging I mencapai Rp 108.000 per kilogram (kg), harga daging ayam I Rp 32.000-Rp 34.000 per kg, dan harga telur berkisar antara Rp 22.000-Rp 24.000 per kg. Baik harga maupun stok cukup stabil di Jatim.

Menindaklanjuti video conference tersebut, Satgas Pangan Kabupaten Blitar akan melakukan beberapa hal di antaranya meningkatkan volume monitoring dan pengawasan distribusi di Kabupaten Blitar melalui kegiatan survei pasar, membantu pengawasan pemotongan sapi, mengawasi adanya kemungkinan kartel pangan di daerah, serta menindaklanjuti laporan-laporan dari masyarakat.

Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Blitar, drh Adi Andaka, M.Si mengungkapkan, melalui kerjasama tersebut diharapkan mampu memantau ketersedian produk peternakan dan perikanan di wilayah Kabupaten Blitar. Harapannya, stok tetap terjaga dengan harga yang terjangkau. Sehingga kebutuhan masyarakat Kabupaten  Blitar akan protein hewani tetap terpenuhi. Pihaknya juga akan terus memantau ketersediaan stok dan harga melalui Petugas Analis Pasar Hasil Pertanian ( APHP ).

Untuk diketahui, Satgas Pangan Kabupaten Blitar yang terdiri dari Polres Blitar, dinas kesehatan, disperindag dan dinas pertanian melakukan monitoring bersama di pasar-pasar yang ada di Kabupaten Blitar.

(rt/did/red/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia