Minggu, 15 Sep 2019
radartulungagung
icon featured
Tulungagung

Spion Jalan Banyak yang Rusak dan Hilang

17 Mei 2019, 18: 25: 59 WIB | editor : Anggi Septian Andika Putra

TAK LAYAK: Salah satu spion jalan di Kelurahan Panggungrejo, Kecamatan Tulungagung yang pecah.

TAK LAYAK: Salah satu spion jalan di Kelurahan Panggungrejo, Kecamatan Tulungagung yang pecah. (DHARAKA R. PERDANA/RATU)

TULUNGAGUNG – Keinginan warga untuk melihat spion jalan dalam kondisi sempurna tampaknya hanya tinggal harapan belaka. Alasannya, banyak spion jalan yang lazimnya di dekat belokan atau persimpangan dalam kondisi rusak atau hilang. Bahkan, Dinas Perhubungan (Dishub) Pemkab Tulungagung mengidentifikasikan dalam jumlah cukup banyak.

Salah satunya di Kelurahan Panggungrejo, Kecamatan Tulungagung. Spion jalan di situ dibiarkan saja dalam kondisi pecah sebagian. Jika ada kendaraan yang melintas, tidak kelihatan.  “Baru tahu jika di situ ada spion jalan yang ternyata rusak,” kata Marifah, salah seorang warga kemarin.

Menurut dia, secara fungsi, spion tersebut sebenarnya cukup efektif untuk melihat kendaraan lain dari sudut yang tak terlihat. Namun ternyata, sekarang sudah tidak bisa lagi melakukan aktivitas itu. “Ya, mau bagaimana lagi. Kalau rusak memang sudah tak bisa diapa-apakan,” tambahnya.

Sementara itu, Kabid Lalu Lintas Sujarmani saat dikonfirmasi membenarkan jika sebagian besar spion jalan atau tikungan dalam kondisi tidak baik. Banyak yang rusak maupun hilang. Padahal, dulu fasilitas ini diharapkan bisa menekan kecelakaan yang dipicu tidak mengetahui kendaraan lain dari sudut buta. “Sebagian besar sudah hilang atau rusak,” katanya.

Menurut dia, dari evaluasi yang dilakukannya, spion jalan memang sudah tidak efektif lagi. Pihaknya pun harus beralih ke alternatif lain untuk mengurangi angka kecelakaan di jalan raya. “Kami pun lama tidak melakukan pengadaan barang seperti ini,” tambahnya.

(rt/rak/dre/ang/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia