Minggu, 16 Jun 2019
radartulungagung
icon featured
Trenggalek

THR Kadin Lebih Tajir Dibanding Bupati Trenggalek

24 Mei 2019, 18: 09: 59 WIB | editor : Anggi Septian Andika Putra

THR Kadin Lebih Tajir Dibanding Bupati Trenggalek

TRENGGALEK - Jabatan bupati/wakil bupati (wabup) di Kota Keripik Tempe sepertinya tidak membawa pengaruh banyak terkait kurang jelasnya kapan pencairan tunjangan hari Raya (THR) keagamaan bagi aparatur sipil negara (ASN) atau gaji ke -14. Pasalnya, gaji ke-14 yang didapat kepala daerah tersebut tidak seberapa jika dibandingkan dengan pejabat sekelas eselon IV setingkat kepala dinas.

Berdasarkan data yang didapat Jawa Pos Radar Trenggalek dari Badan Keuangan Daerah (Bakeuda) Trenggalek, besaran gaji ke-14 ditentukan berdasarkan gaji pokok, tunjangan keluarga, dan tunjangan jabatan atau umum. Dari situ, jumlah penerimaan setiap ASN akan berbeda-beda dilihat dari pangkat/golongan hingga masa kerjanya. “Jadi, dari sini bisa diambil kesimpulan ASN golongan IV, termasuk pejabat eselon II yang memiliki masa kerja banyak mendapatkan gaji ke-14 tertinggi,” ungkap Kepala Bakeuda Trenggalek Agus Yahya.

Dia melanjutkan, dari situ hampir dipastikan jika gaji ke-14 yang didapat kepala daerah (bupati dan wabup) besarannya masih kalah dengan ASN golongan IV atau setingkat kepala dinas (kadin). Sebab, gaji pokok dan tunjangan kepala daerah tersebut hanyalah sedikit. “Itu sudah diatur dalam undang-undang sehingga kami tidak berani memberikan THR di luar ketentuan,” ujarnya.

Dengan demikian, kisaran besaran THR yang diberikan kepada ASN tertinggi pada tiap golongan meliputi golongan IV Rp 8,4 juta; golongan III Rp 6,1 Juta; golongan II Rp 4,2 juta; serta golongan I Rp 3,1 juta. Sedangkan untuk bupati/wabup berjumlah Rp 6,1 juta atau setingkat dengan ASN golongan III. Sedangkan terkait pencairan gaji ke-14 tahun ini akan dilakukan secepatnya pada H-10 lebaran atau sekitar Senin (27/5) mendatang. “Anggaran telah kami siapkan sehingga tinggal menunggu peraturan sebagai pedoman dalam pencairannya,” jelas Agus. 

(rt/zak/ang/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia