Minggu, 21 Jul 2019
radartulungagung
icon featured
Hukum & Kriminal

Nyolong Uang, Pencuri Dimassa

21 Juni 2019, 19: 01: 59 WIB | editor : Anggi Septian Andika Putra

KAPOK: Pelaku saat diamankan di Polsek Wlingi.

KAPOK: Pelaku saat diamankan di Polsek Wlingi. (MUCHAMMAD SUBCHAN ABDULLAH/RADAR BLITAR)

BLITAR KABUPATEN – Satu dari dua pelaku pencurian dengan pemberatan (curat) di Lingkungan Ngambak, Kelurahan Beru, Kecamatan Wlingi berhasil diamankan polisi.

Namun, satu pelaku yang diamankan itu babak belur setelah menjadi bulan-bulanan warga. Pelaku adalah Ganta Setyono, warga Desa/Kecamatan Turen, Kabupaten Malang. Sedangkan pelaku lain yang berhasil kabur adalah Mariyanto Dabastian, warga Desa Gedog, Kecamatan Turen, Kabupaten Malang.

Mereka saat itu berusaha mencuri benda berharga di dalam mobil yang diparkir di utara jalan di Lingkungan Ngambak, Kelurahan Beru, Kecamatan Wlingi. Namun, aksinya itu kepergok pemilik mobil. "Kejadiannya pada Rabu malam (19/6) sekitar pukul 19.00. Pelaku mencuri, tetapi ketahuan pemilik mobil," jelas Kasubbag Humas Polres Blitar Iptu M. Burhanudin, kemarin (20/6).

Kini, satu pelaku itu ditahan di Polsek Wlingi untuk diperiksa lebih lanjut. Polisi masih memburu satu pelaku lain yang berhasil kabur. "Satu pelaku sedang kami kejar. Identitas sudah kami kantongi," terangnya.

Dia menjelaskan, pencurian itu berawal ketika Nurhadi (korban, Red) baru mengambil uang hasil penjualan obat di salah satu apotek di Kota Blitar. Nurhadi saat itu pergi bersama temannya dengan mengendarai mobil boks nomor polisi (nopol) N 9055 GC.

Tiba di Wlingi, Nurhadi dan temannya mampir di salah satu warung di dekat SMK PGRI Wlingi untuk makan malam. Mereka lantas memarkir mobil di utara jalan.

Warung dengan lokasi mobil diparkir berjarak sekitar lima meter. Korban ketika terus mengawasi mobilnya. Tak lama, ada dua orang yang sedang mendekati mobil. Seorang di sepeda motor dan satunya berusaha membuka pintu mobil.

Mengetahui itu, Nurhadi teriak maling. Pelaku yang kaget langsung kabur. Nurhadi pun mengejarnya hingga akhirnya pelaku diamankan warga. Lantaran geram, satu pelaku itu menjadi samsak hidup.

Pelaku nyaris sekarat dikeroyok warga. Sedangkan pelaku lain bebas kabur. Tidak lama, polisi datang dan mengamankan pelaku berserta barang bukti. Yakni satu kunci T milik pelaku, tas punggung warna cokelat milik korban, serta uang tunai Rp 8 juta. 

(rt/kan/ang/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia