Minggu, 21 Jul 2019
radartulungagung
icon featured
Hukum & Kriminal

Vandalisme Ganggu Pengguna Jalan

21 Juni 2019, 16: 01: 59 WIB | editor : Anggi Septian Andika Putra

PERLU GANTI: Rambu petunjuk arah yang dicorat-coret orang tak dikenal.

PERLU GANTI: Rambu petunjuk arah yang dicorat-coret orang tak dikenal. (SITI NURUL LAILIL M/RATU)

TULUNGAGUNG – Rambu lalu lintas di Jalan Panglima Sudirman tak luput jadi sasaran perbuatan merusak atau vandalisme. Tak hanya berimbas memperburuk tatanan kota, tapi juga mengganggu pengendara untuk mengetahui petunjuk arah.

Salah satu pengendara yang melintas, Yono mengaku terganggu dengan vandalisme yang terjadi. Apalagi kali ini sasaran bukan hanya di tembok, tapi juga di rambu. Sebenarnya, rambu berperan penting untuk lalu lintas. Sebab, tidak semua hafal arah atau jalan di Tulungagung. “Harusnya diganti karena sangat mengganggu. Apalagi aksi vandalisme ini merusak fasilitas umum yang sebenarnya diperlukan oleh penggunanya,” katanya.

Dia mencontohkan, vandalisme rambu di Jalan Panglima Sudirman dekat traffic light. Rambu petunjuk arah jalan ini hampir 80 persen tertutup coretan hingga tak terbaca lagi oleh pengguna lalin. Tak heran, bagi warga yang bukan asal Tulungagung pasti kesulitan dan bingung memilih jalur yang diinginkan. “Seperti teman saya asal Pacitan, bingung mau ke rumah saya di Ringinpitu dekat RSUD Iskak Tulungagung,” terangnya

Hal senada juga diungkapkan pengendara lain, Achmad. Pria 55 tahun ini mengatakan, aksi vandalisme tersebut memang harus ditindak tegas. Terlebih yang dicoret-coret merupakan fasilitas umum yang tentunya harus dijaga demi kelancaran pengguna jalan. Tak hanya itu, pihak terkait juga harus mengecek mana rambu yang harus diganti atau tidak. Tentu itu bagian dari perawatan. “Rambu itu sangat diperlukan bagi pengendara. Termasuk untuk keselamatan pengguna jalan,” terang warga Desa/Kecamatan Kedungwaru ini.

(rt/lai/ang/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia