Jumat, 18 Oct 2019
radartulungagung
icon featured
Features

Bayi Tumbuh Gigi, Alami Demam ?

22 Juni 2019, 12: 46: 42 WIB | editor : Anggi Septian Andika Putra

Bayi Tumbuh Gigi, Alami Demam ?

Tumbuh gigi merupakan hal wajar yang dialami setiap bayi di masa pertumbuhannya. Terutama pada usia 6 bulan hingga 3 tahun. Namun, tak jarang orang tua khawatir ketika bayi mulai tumbuh gigi. Sebab, biasanya ketika tumbuh gigi, si kecil kerap mengalami demam. Seperti ditulis pada akun Instagram milik @kesmas.id, bayi selalu mengalami demam tinggi, bahkan cenderung rewel.

Sementara itu, berdasarkan laman resmi hellosehat.com, tidak ada penelitian yang mengungkapkan demam pada bayi menjadi salah satu tanda bayi sedang mengalami tumbuh gigi.

Berdasarkan penelitian Prof Melissa Wake, peneliti dari Centre for Community Child Health di Royal Children’s Hospital di Melbourne menjelaskan, bayi demam bukan karena sedang mengalami tumbuh gigi. Melainkan karena bayi terkena infeksi dari luar yang menyebabkan bayi sakit demam. Adanya kuman atau bakteri yang masuk dalam tubuh ini dapat menimbulkan demam sebagai respons dari tubuh dalam melawan zat asing.

Dia melanjutkan, tumbuh gigi biasa dialami oleh bayi pada usia 5 bulan dan berakhir pada usia kira-kira 24 bulan. Sementara pada masa ini, bayi sedang dalam masa belajar mengenai hal baru. Mulai belajar menggenggam, berjalan, bahkan memasukkan benda-benda asing ke dalam mulut. Hal ini yang menjadi salah satu faktor bayi rentan terkena kuman maupun bakteri. Sehingga bayi lebih rentan terkena demam maupun diare.

FAKTA: Bayi demam bukan karena sedang mengalami tumbuh gigi. Melainkan karena bayi terkena infeksi dari luar yang menyebabkan bayi sakit demam. Adanya kuman atau bakteri yang masuk dalam tubuh ini dapat menimbulkan demam sebagai respons dari tubuh dalam melawan zat asing.

(rt/nda/ang/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia