Jumat, 06 Dec 2019
radartulungagung
icon featured
Pendidikan

Gerakan Pramuka Kwarcab Blitar Gelar Rakercab

28 Juni 2019, 15: 58: 11 WIB | editor : Anggi Septian Andika Putra

BERDEDIKASI: Bupati Rijanto sekaligus Ka Mabicab Gerakan Pramuka Kwarcab Kabupaten Blitar membuka pelaksanaan Rakercab 2019 kemarin (31/5).

BERDEDIKASI: Bupati Rijanto sekaligus Ka Mabicab Gerakan Pramuka Kwarcab Kabupaten Blitar membuka pelaksanaan Rakercab 2019 kemarin (31/5). (SYAIFUL ANWAR/RADAR BLITAR)

BLITAR KABUPATEN – Seluruh pengurus Gerakan Pramuka Kwartir Cabang (Kwarcab) Kabupaten Blitar berkumpul di Pendapa Ronggo Hadinegoro, kemarin (31/5). Mereka mengikuti Rapat Kerja Cabang (Rakercab) Tahun 2019 sekaligus buka bersama (bukber) pengurus Gerakan Pramuka Kwarcab Kabupaten Blitar.

Kegiatan tersebut dihadiri Bupati Rijanto selaku Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Kamabicab) Gerakan Pramuka Kwarcab Blitar. Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Blitar, sekaligus Ketua Gerakan Pramuka Kwarcab (Ka Kwarcab) Blitar, Kepala Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur Wilayah Kab/Kota Blitar, Kepala Kemenag Kabupaten Blitar, dan LPK Cabang Kabupaten Blitar, serta Ka Kwaran se-Kabupaten Blitar.

Dalam sambutannya, Bupati Rijanto mengatakan, pelaksanaan Rakercab 2019 pada dasarnya sama seperti tahun-tahun sebelumnya. Namun, kegiatan tersebut harus tetap dilaksanakan karena rakercab sangat penting bagi kemajuan sebuah organisasi. “Hal ini memang sesuai dengan mekanisme organisasi, sesuai dengan Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka dan AD/ART Gerakan Pramuka,” ungkapnya.

Untuk itu, selaku Ka Mabicab pihaknya berharap agar pelaksanaan rakercab bisa dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya agar bisa mengevaluasi program yang sudah berjalan di tahun sebelumnya agar bisa memperbaiki di tahun berikutnya.

Ada beberapa tujuan dalam pelaksanaan rakercab tahun ini, yakni memberikan arahan dan kebijakan pelaksanaan pengembangan gerakan pramuka di Blitar dalam satu tahun selama masa bakti. Memberikan pedoman penyusunan rencana kerja gerakan Pramuka selama masa bakti lima tahun, secara bertahap dan berkesinambungan. Memberikan pedoman bagi kwartir cabang dalam merencanakan dan mengembangkan pendidikan kepramukaan secara terukur, konsisten, terintegrasi, melembaga, dan berkelanjutan dalam setiap tahun. Forum efektif dalam menyosialisasikan program kerja kwarcab tahun 2019 serta menyinergikan kegiatan di tingkat kwaran dan gugus depan dengan menyesuaikan dinamika kegiatan daerah Jawa Timur dan nasional. “Melihat dari maksud dan tujuan tersebut, pelaksanaan Rakercab 2019 cukup penting dan sangat strategis. Untuk itu, marilah kita manfaatkan kegiatan ini sebaik mungkin, demi peningkatan pendidikan kepramukaan ke depan,” pintanya.

Dia juga mengapresiasi atas keberhasilan program dan capaian kinerja di semua bidang yang telah dilakukan oleh Gerakan Pramuka Kwarcab Blitar. Hal ini dilakukan tidak lepas dari kekompakan, kebersamaan, integritas dan sinergitas dari berbagai unsur terkait, yang penuh dedikasi dan kesetiaan. Keberhasilan yang telah dicapai di antaranya pembinaan gudep unggul, baik pangkalan SD/MI dan SMP/MTs. Gudep SDN Sidorejo 1 menjadi 4 besar gudep unggul Jawa Timur berstandar nasional; gudep pangkalan SDN Beru 01 Wlingi jadi juara II Jatim; serta gudep MTs Miftahul Huda Sawentar, Kanigoro juara harapan III Jatim tahun 2018.

Selain itu, gudep SMPN 1 Wlingi ke Korea Selatan; gudep pangkalan Smanta dan SMA Al Mawadah Nglegok serta finalis FWKKP 2018 berhasil dalam festival prestasi dan mendapat apresiasi wisata Scouting di Thailand. “Semoga sejumlah prestasi yang telah diraih. Ke depannya harus tetap dipertahankan,” harapnya.

Terkait itu, pihaknya mengajak semua peserta Rakercab 2019 untuk maksimal membangun citra positif gerakan pramuka di tengah masyarakat agar masyarakat cinta dan tertarik pada pendidikan kepramukaan. “Jadikan diri sebagai pengurus kwartir atau gudep yang siap mengabdi dan berbakti dan punya waktu untuk Pramuka dan membuat kegiatan dengan tema yang mampu memikat masyarakat,” jelasnya.

(rt/sai/hms/ang/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia