Minggu, 21 Jul 2019
radartulungagung
icon featured
Ekonomi

Gathering Forum Bisnis: Pemkab Blitar Tawarkan Potensi Investasi

29 Juni 2019, 11: 32: 17 WIB | editor : Anggi Septian Andika Putra

INOVATIF: Bupati Blitar Rijanto (dua dari kanan) saat menghadiri Gelar Kegiatan Gathering Forum Bisnis Antara Investor.

INOVATIF: Bupati Blitar Rijanto (dua dari kanan) saat menghadiri Gelar Kegiatan Gathering Forum Bisnis Antara Investor. (HUMAS DAN PROTOKOL PEMKAB BLITAR)

BLITAR KABUPATEN - Untuk kedua kalinya, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blitar menggelar kegiatan Gathering Forum Bisnis Antara Investor dan Satgas Percepatan Berusaha Kabupaten Blitar di Hotel Nam Jakarta, kemarin (18/6). Untuk diketahui, kegiatan itu menawarkan potensi investasi kepada para pengusaha yang hadir.

“Harapannya, semakin banyak pengusaha yang menanamkan investasinya di Kabupaten Blitar,” terang Bupati Blitar Rijanto saat memberikan sambutan pada acara tersebut.

Orang nomor satu di Kabupaten Blitar ini juga memperkenalkan anggota satgas percepatan berusaha kepada para pengusaha. Sekaligus memperkenalkan para pengusaha yang sudah menanamkan investasinya di Kabupaten Blitar, antara lain Greenfield, NSA, dan RMI.

Dalam kesempatan itu, Bupati Blitar Rijanto memaparkan pula tentang potensi Kabupaten Blitar. Sektor investasi daerah memberikan kontribusi yang signifikan pada pertumbuhan ekonomi Kabupaten Blitar. Pada tahun 2016, kontribusi sektor investasi terhadap pertumbuhan ekonomi Kabupaten Blitar sebesar 27,98 persen dan meningkat menjadi 28,26 persen pada tahun 2017. Hal ini menunjukkan Kabupaten Blitar memiliki potensi dan peluang investasi untuk ditingkatkan.

Selain itu, disampaikan bahwa populasi ayam ras petelur di Kabupaten Blitar mencapai 14.700 juta ekor pada tahun 2016 meningkat sebesar 1,32 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Produksinya 362 ton per hari. Pada tahun 2017, populasi ayam petelur di Kabupaten Blitar tercatat mencapai 15.170.000 ekor dengan produksi kurang lebih 450 ton per hari. Itu dipasok ke seluruh wilayah di Indonesia. Terutama Jakarta, Kalimantan, dan Sumatera. Bahkan, Pemkab Blitar dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta telah menandatangani kesepakatan bersama atau memorandum of understanding (MoU) pasokan telur ayam untuk DKI Jakarta. Penandatanganan dilakukan oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Bupati Blitar Rijanto di Balai Kota DKI di Jakarta Pusat, pada Senin (9/7/2018) lalu.

Sementara itu, Heri Romadhon, Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Blitar menyampaikan, anggota legislatif sangat mendukung upaya yang dilakukan oleh Bupati Blitar dan Satgas Percepatan Berusaha Kabupaten Blitar. Bahkan, juga memberikan apresiasi prestasi satgas percepatan berusaha yang telah menduduki peringkat delapan nasional terbaik.

Lebih lanjut, dia menyampaikan, kondisi Kabupaten Blitar yang kondusif menjadi pemicu untuk keberlangsungan investasi di Kabupaten Blitar.

Dalam kesempatan tersebut, diacarakan penandatanganan kesepakatan bersama antara Pemkab Blitar dengan Universitas Al Azhar dan dengan NU Channel dalam rangka mempercepat pembangunan daerah dan pengelolaan potensi Kabupaten Blitar.

Diketahui sebelumnya, pada 1 Nopember 2018 di Hotel Nam Jakarta telah diadakan kegiatan serupa. Itu sebagai upaya meningkatnya pertumbuhan ekonomi dan semakin menggerakkan perekonomian masyarakat. 

(rt/hms/ang/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia