Minggu, 21 Jul 2019
radartulungagung
icon featured
Blitar

Gampang Mendrip-mendrip, Ganti Lampu TL dengan LED, Telan Rp 85 Juta

09 Juli 2019, 14: 00: 59 WIB | editor : Didin Cahya FS

PEREMAJAAN: Petugas Dishub Kota Blitar memperbaiki lampu traffic light, Selasa (9/7).

PEREMAJAAN: Petugas Dishub Kota Blitar memperbaiki lampu traffic light, Selasa (9/7). (M.SUBCHAN ABDULLAH/RADARTULUNGAGUNG.ID)

BLITAR KOTA - Sejumlah lampu traffic light (TL) yang sudah tidak sesuai standar diganti. Lampu TL yang jenisnya masih non Light Emitting Diode (LED) diganti dengan lampu jenis LED. 

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Blitar Priyo Suhartono mengatakan, penggantian lampu TL dengan lampu jenis LED itu sebagai upaya pemeliharaan. Daya lampu LED dinilai lebih hemat dibandingkan dengan non LED. "Kami ganti lampu LED karena lebih irit," katanya kepada radartulungagung.id, Selasa (9/7). 

Priyo mengatakan, penggantian lampu traffic light itu dilakukan di beberapa titik. Yakni di titik-titik lampu TL yang masih menggunakan lampu non LED. "Ada 18 unit (lampu) saja yang di pasang. Yang diganti terutama yang nyalanya tidak optimal atau mendrip-mendrip dan sebagainya,@ ujar pria ramah ini. 

Untuk pemeliharaan lampu TL itu, jelas Priyo, menelan anggaran sekitar Rp85 juta. Penggantian lampu TL LED itu dilakukan secara bertahap di sejumlah titik. Dengan lampu LED itu maka nyalanya bisa terang dan daya listriknya lebih hemat. 

Pantauan radartulungagung.id, Selasa (9/7), penggantian lampu TL itu dilakukan di perempatan PGSD Jalan Soedanco Supriyadi. Petugas dishub mengganti lampu TL lama dengan jenis baru yakni lampu LED. "Yang lama ukurannya diameter 20 centimeter (cm) diganti baru diameter 30 cm," kata Fery Arianto, saat mengganti lampu. 

Fery mengatakan, ada lima titik TL yang lampunya diganti jenis LED. Yakni lampu TL patung Bung Karno di Jalan Ahmad Yani, simpang empat Toko Lima Belas atau Jalan Anjasmoro, simpang empat Jalan TGP, simpang empat Jalan Kelud dan simpang Empat PGSD atau Jalan Sudanco Supriyadi. "Jadi, lampu yang masih non LED diganti yang jenis LED," tandasnya. 

(rt/kan/did/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia