Senin, 16 Dec 2019
radartulungagung
icon-featured
Politik

RSUD dr Iskak Sediakan Ruangan untuk Cakades Stres

11 Juli 2019, 12: 11: 27 WIB | editor : Anggi Septian Andika Putra

LENGKAP: Petugas IGD RSUD dr Iskak merapikan ruangan psikiatri. Ruangan ini digunakan pasien yang mengalami gangguan psikologis akut.

LENGKAP: Petugas IGD RSUD dr Iskak merapikan ruangan psikiatri. Ruangan ini digunakan pasien yang mengalami gangguan psikologis akut. (ANANIAS AYUNDA PRIMASTUTI/RATU)

TULUNGAGUNG - Pemilihan kepala desa (pilkades) serentak di Kota Marmer telah usai. Bagi cakades yang gagal, harus berbesar hati menerima kekalahan. Memang secara psikologis, seseorang yang sedang mengalami kegagalan dapat berakibat pada banyak hal.

Mulai dari kecewa, depresi, hingga gangguan jiwa alias stres. Karena itu, RSUD dr Iskak menyiapkan fasilitas poli psikiatri bagi masyarakat termasuk cakades yang memiliki gangguan terkait psikologis. “Kami sudah siapkan penanganannya. Ada dokter spesialis psikiatri dan ruangan psikiatri bagi pasien,” ungkap Kepala Seksi (Kasi) Informasi dan Pemasaran RSUD dr Iskak Moch Rifai saat ditemui kemarin (10/7).

Rifai melanjutkan, ruangan psikiatri ini akan berfungsi bagi pasien yang mengalami kegelisahan akut. Ruangan dilapisi busa dengan ketebalan 20 cm dan dilengkapi CCTV. Dengan demikian, keamanan dan keselamatan pasien tetap terjaga. “Jadi, bentuk kegelisahan akut memang macam-macam. Kalau sampai ada yang pas kumat membenturkan kepala di dinding, tidak akan melukai diri,” terangnya.

Disinggung mengenai fenomena cakades maupun calon legislatif (caleg) yang mengalami gangguan psikologis pascapesta demokrasi, pria ramah ini menjelaskan tidak dapat memastikan angka kasusnya. Namun, dia memastikan belum ada pasien yang mengalami kegelisahan akut. “Untuk gelisah akut belum ada. Tapi kalau konsultasi ringan kemungkinan ada. Tapi kami tidak bisa pastikan. Sebab, pasien datang dari berbagai latar belakang. Bisa mantan caleg, mantan cakades, ataupun masyarakat lain,” jelasnya.

Sementara itu, dikonfirmasi terkait fenomena cakades mengalami gangguan psikologis pascapemilihan, Sekretaris Dinas Kesehatan (Dinkes) Tulungagung Bambang Triono menuturkan, hingga kini dinkes belum memiliki fasilitas untuk hal tersebut. “Sementara kita belum sampai hal itu. Tapi di RSUD sudah punya tenaga ahli yang dapat menangani,” tandasnya. (nda/ed/and)

(rt/nda/ang/JPR)

Alur Cerita Berita

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia