Senin, 18 Nov 2019
radartulungagung
icon-featured
Hukum & Kriminal

Belum Kapok, Baru Keluar Penjara, Terekam CCTV Curi Bawang Putih

17 Juli 2019, 15: 16: 11 WIB | editor : Didin Cahya FS

TERTANGKAP : Pelaku dan barang bukti diamankan di Polres  Blitar, Rabu (17/7).

TERTANGKAP : Pelaku dan barang bukti diamankan di Polres Blitar, Rabu (17/7). (M. SUBCHAN ABDULLAH/RADARTULUNGAGUNG.ID)

BLITAR KOTA - Wawan Yunianto warga Kelurahan/Kecamatan Nglegok akhirnya mendekam dibalik jeruji besi Mapolres Blitar Kota, Rabu (17/7). Aksinya mencuri bawang putih di rumah Irwan Rohadi di Desa Kalipucung, Kecamatan Sanankulon terekam kamera CCTV.

Berbekal rekaman CCTV itu, pemilik bawang putih melaporkannya ke Polsek Sanankulon. Polisi pun langsung menindaklanjutinya dan mencari keberadaan pelaku. "Pelaku berhasil kami tangkap di rumahnya Selasa kemarin (16/7)," jelas Kasubbag Humas Polres Blitar Kota Ipda Dodit Prasetyo, Rabu (17/7).

Dari penangkapan itu polisi berhasil mengamankan tiga karung bawang impor yang dicuri. Saat diinterogasi pelaku mengakui perbuatanya telah mencuri bawang putih. "Pelaku sebelumnya juga baru keluar penjara puasa (Ramadan) lalu. Kasusnya mencuri gabah," ujar perwira berpangkat satu balok d pundak ini.

Pencurian itu diketahui setelah Irwan mengecek sejumlah bawang putih yang diletakkan di teras rumahnya. Awalnya sekitar pukul 04.30, Irwan dibangunkan kakaknya, Datik (saksi), karena merasa curiga dengan kursi plastik warna merah yang sudah tidak ada di depan pintu. 

Kursi plastik itu, jelas Dodit, berpindah tempat. Tidak lagi di depan pintu rumah. Namun, kursi berada di dalam pagar rumah sebelah timur. Saksi lalu membangunkan Irwan, adiknya. "Usai bangun dia lalu mengecek bawang putihnya. Ternyata sudah berkurang," ungkap polisi ramah ini.

Irwan lalu mengcek rekaman CCTV rumahnya untuk mengetahui aksi oencurian. Benar, bawang miliknya yang akan dijual dicuri sebanyak tiga karung. Irwan lantas melaporkan pencurian itu ke Polsek Sanankulon.

Rencananya, tiga karung bawang putih itu akan dijual pelaku. Tiga karung itu dijual sekitar Rp1 juta. "Ya, mau saya jual. Masih coba saya tawarkan ke pedagang-pedagang pasar," aku Wawan.

Namun, belum sempat menjual bawang putih hasil pencurian, polisi keburu menciduknya. Jika laku, hasil uang penjualan nantinya digunakan untuk bersenang-senang. 

(rt/kan/did/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia