Minggu, 08 Dec 2019
radartulungagung
icon featured
Tulungagung

Program JKN-KIS Itu Sangat Baik

29 Juli 2019, 10: 51: 56 WIB | editor : Anggi Septian Andika Putra

Program JKN-KIS Itu Sangat Baik

Tulungagung - Muhammad Muhtar (24) merupakan salah satu anak PNS di Kabupaten Tulungagung yang kini jaminan kesehatannya tidak lagi menjadi tanggungan orang tuanya, sebab usianya diatas 21 tahun dan tidak sedang menempuh pendidikan. Ditambah lagi kini statusnya sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS).

Muhtar mengaku sebelumnya memang sudah terdaftar sebagai anak PNS, sehingga jaminan kesehatannya menjadi tanggungan orang tuanya. Kini ia sudah terdaftar sebagai peserta JKN-KIS segmen Pekerja Penerima Upah (PPU), dan merasa tidak keberatan jika harus membayar iuran setiap bulan dipotong dari gaji dan tunjangan tetap.

“Tidak apa-apa membayar iuran sendiri sekarang,” ucapnya.

Menurutnya, Program JKN-KIS sangat baik untuk masyarakat, baik untuk orang tua maupun para pemuda.

“Program ini sangat baik, bagus untuk masyarakat terutama untuk orang tua maupun pemuda. Tentunya membantu di bidang kesehatan, dipermudah dan tentunya akan dilayani dengan baik,” jelas warga Desa Kesambi Kecamatan Bandung Kabupaten Tulungagung ini.

Ia teringat sebulan yang lalu ayahnya harus menjalani rawat inap di RSU Muhammadiyah Bandung Tulungagung karena menderita vertigo. Ayahnya memilih untuk menggunakan JKN-KIS saat itu.

“Menggunakan JKN-KIS tidak dipersulit, dipermudah pelayanannya. Begitu juga dalam hal pembiayaan, tidak ada biaya sama sekali yang keluar,” tuturnya.

Anak ketiga dari 3 bersaudara ini mengaku belum pernah menggunakan JKN-KIS miliknya. Ia berharap bisa sehat terus.

“Alhamdulillah belum pernah pakai sama sekali, hanya ayah kemarin, dan ibu sebelumnya juga pernah. Bersyukur sehat, dan semoga sehat terus,” ujar Muhtar.

Ia kemudian memberikan motivasinya kepada masyarakat yang belum terdaftar sebagai peserta JKN-KIS, karena menurutnya masyarakat masih banyak yang belum paham makna gotong royong.

“Memang masyarakat belum paham arti gotong royong dalam program ini, mereka mendaftar saat sudah sakit. Mohon masyarakat bisa bergabung, mendaftar menjadi peserta JKN-KIS, itu nanti akan mempermudah kalian dalam hal pembiayaan ketika mendapat pelayanan kesehatan di fasilitas kesehatan. Jadi, jangan nunggu sakit baru daftar.

Program JKN-KIS itu sangat baik, pelayanannya juga dipermudah, cepat, ramah, tidak bertele-tele. Ayo masyarakat segera daftar, tidak seperti bayangan kalian mendaftar antri lama, disini pelayanannya cepat dan ramah. Nanti kalian akan merasakan sendiri manfaatnya. Tidak berdoa supaya sakit, tetapi jaga-jaga, kita tidak tahu kapan kita sakit,” tutup Muhtar.

(rt/red/ang/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia