Minggu, 15 Sep 2019
radartulungagung
icon-featured
Blitar

Wawancara Bersama Bupati Rijanto Pada Momen Hari Jadi Kabupaten Blitar

07 Agustus 2019, 15: 24: 58 WIB | editor : Anggi Septian Andika Putra

RAWAT BUDAYA: Sekretaris Daerah Kabupaten Blitar Totok Subihandono menerima pusaka  untuk memulai kirab Huruf  Hambangunan Praja.

RAWAT BUDAYA: Sekretaris Daerah Kabupaten Blitar Totok Subihandono menerima pusaka untuk memulai kirab Huruf Hambangunan Praja.

Pada momen Hari Jadi Kabupaten Blitar, Bupati rijanto mengungkapkan harapan dan capaian yang sudah direalisasikan sebagai bentuk pelayanan kepada masyarakat. Berikut wawancara Radar Blitar dengan Bupati Rijanto.

Apa saja yang sudah dilakukan pemerintah selama 3,5 tahun ini?

Ada banyak hal. Mengacu pada rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD), kami senantiasa berjuang untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Kabarnya ada banyak prestasi yang sudah diraih selama ini?

Benar, tapi prestasi itu bukan menjadi tujuan utama dalam menyelenggarakan pemerintahan. Di sisi lain, tugas membangun daerah tidak mungkin dapat berjalan mudah dengan hanya mengandalkan anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) saja.

Mungkin bisa dijelaskan lebih detail?

Maksudnya begini, selain pengelolaan keuangan yang baik, pemerintah juga dituntut untuk terus berinovasi dan memiliki terobosan-terobosan untuk menbangun daerahnya. Salah satu caranya adalah dengan mengupayakan masuknya investasi di Blitar.

Apa hubungannya investasi dengan pembangunan daerah?

Sangat berkaitan, investasi akan berdampak pada sektor ekonomi. Butuh banyak instrumen untuk menjalankan investasi ini. Misalnya saja sumber daya manusia. Artinya, investasi secara otomatis membuka kesempatan atau lowongan pekerjaan sehingga mengurangi angka pengangguran.

Bisa disebutkan beberapa apresiasi atas kinerja pemerintah selama ini?

Selama tiga tahun terakhir, alhamdulillah tata kelola keungan pemerintah sudah dijalankan sebagaimana mestinya sehingga memperoleh opini wajar tanpa pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

Selain itu, ada beberapa bidang investasi yang kami yakini akan mendorong perekonomian di Kabupaten Blitar.

Dalam bidang kesehatan, kita patut bersyukur telah sampai pada Swastisaba Wiwerda. Mudah-mudahan tahun depan bisa sampai pada Swastisaba Wistara.

Tahun ini pula kita juga menjadi Kabupaten Layak Anak tingkat Madya dan harus diupayakan agar sampai pada tingkat Nindya.

(rt/muh/hms/ang/JPR)

Alur Cerita Berita

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia