Senin, 26 Aug 2019
radartulungagung
icon-featured
Blitar

Terus Berjuang Menjadi Kabupaten Ramah Anak

07 Agustus 2019, 16: 03: 29 WIB | editor : Anggi Septian Andika Putra

Terus Berjuang Menjadi Kabupaten Ramah Anak

KANIGORO, Radar Blitar – Beragam upaya dilakukan Pemkabu Blitar untuk memberikan pelayanan optimal kepada masyarakat. Tak terkecuali jaminan hak pelayanan bagi anak-anak. Atas jerih payah tersebut, pemerintah pun diganjar dengan predikat Kabupaten Layak Anak (KLA) tingkat Nindya.

Bupati Rijanto mengapresiasi kinerja organisasi perangkat daerah (OPD) yang bahu-membahu dalam memenuhi  hak-hak anak tersebut. Bahkan, pada pemerintah juga telah membuat payung hukum dalam bentuk peraturan daerah (perda) guna menjamin tercapainya kabupaten yang ramah dan layak untuk anak.

Atas keseriusan ini, Pemkab Blitar naik kasta terkait kepatutan menjadi daerah yang ramah terhadap anak. Tahun ini Pemkab Blitar ditetapkan sebagai Kabupaten Layak Anak (KLA) untuk tingkat Nindya. Atau naik satu tingkat dari tahun sebelumnya, yakni tingkat Madya. “Kita patut bersyukur capaian di bidang ini terus meningkat. Tahun 2017 KLA tingkat Pratama, tahun 2018 KLA tingkat Madya, tahun ini KLA tingkat Nindya,” terangnya.

Bupati Rijanto mengapresiasi kinerja tim dan semua yang telah bekerja keras untuk mewujudkan capaian tersebut. Di sisi lain, penghargaan bukan menjadi target utama dalam KLA, melainkan bagaimana agar hak-hak anak di Kabupaten Blitar. “Penghargaan itu hanya bonus saja, lebih penting bagaimana kita bisa mewujudkan agar hak-hak anak bisa terpenuhi dan Kabupaten Blitar menjadi kabupaten yang layak bagi anak,” bebernya.

Ke depan, Pemkab Blitar akan melakukan penambahan atau peningkatan sarana dan prasarana yang pro terhadap anak. Bahkan setiap infrastruktur yang ada di setiap kecamatan bahkan desa, akan dilengkapi fasilitas bagi anak-anak seperti taman bermain dan ruang laktasi. “Insya Allah kalau sudah tingkat Nindya semua itu pasti terpenuhi. Kini kami mendorong satuan kerja baik itu dinas PUPR, DLH, pariwisata, dan lainnya untuk mendukung program ini. Bahkan, kami juga mengikutkan swasta dalam menyediakan wisata anak yang tugas kita memudahkan perizinan,” jelasnya.

(rt/muh/ang/JPR)

Alur Cerita Berita

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia