Senin, 26 Aug 2019
radartulungagung
icon-featured
Blitar

Blitar Palah Festival Hipnotis Ribuan Warga

07 Agustus 2019, 16: 05: 59 WIB | editor : Anggi Septian Andika Putra

Blitar Palah Festival Hipnotis Ribuan Warga

KANIGORO, Radar Blitar – Pemkab Blitar terus membuat gebrakan-gebrakan baru dalam memperkenalkan potensi daerah. Trotoar Blitar Festival yang disambut antusiasme masyarakat akan dibakukan menjadi event tahunan dalam rangkaian peringatan Hari Jadi Kabupaten Blitar. Dengan banyaknya kegiatan yang dikemas dengan unik selama momen Hari Jadi, diharapkan bisa memicu peningkatan ekonomi sekaligus sektor pariwisata.

Respons masyarakat pada event perdana ini sangat baik. Ribuan warga tumpah ruah mengikuti gelaran yang berisi pengenalan produk sekaligus kebudayaan daerah tersebut. Tidak hanya lokal, dari kota-kota tetangga juga banyak yang memadati stan-stan pameran di depan pendapa kabupaten ini.

Melihat antusiasme yang tinggi, Pemkab Blitar optimistis bahwa kegiatan ini adalah momen tepat untuk memperkenalkan potensi daerah. Sehingga akan dibakukan menjadi salah satu rangkaian kegiatan selama prosesi Hari Jadi Kabupaten ini.

Bupati Rijanto mengatakan, event tersebut akan digelar setiap tahun dalam rangkaian Hari Jadi Kabupaten Blitar. Namun dengan nama yang berbeda, yakni Blitar Palah Festival. “Dengan pertimbangan sejarah dan strategi promosi wilayah, tahun depan event ini kami namakan Blitar Palah Festival,” katanya.

Blitar Palah Festival memiliki konsep yang unik. Catwalk yang ada di sepanjang kantor pemerintahan kabupaten menjadi sarana untuk kegiatan. Terdapat peragaan batik karya seniman-seniman Kabupaten Blitar.

Selain itu, masih ada banyak kegiatan dan stan-stan pameran yang mempromosikan produk produk unggulan daerah lainnya.

Bupati Rijanto mengaku pemerintah ingin memadukan seni budaya dengan pengembangan sektor ekonomi dan budaya di Kabupaten Blitar. Namun, harus ada yang spesial dalam momen tersebut sehingga memiliki nilai lebih dari event-event mainstream yang ada dewasa ini. “Kekhasannya ada pada penggunaan trotoar sebagai panggung catwalk untuk peragaan batik daerah,” tuturnya.

Di sisi lain, background kantor kadipaten dan patung Bung Karno yang berdiri gagah di area tersebut menjadi salah satu ornamen yang mempercantik event tahunan ini.

Bupati Rijanto juga berharap setiap tahun ada peningkatan ada hal-hal baru untuk menarik minat masyarakat berkunjung ke Kabupaten Blitar. “Kita semua berharap ini menjadi salah satu event unggulan daerah sehingga suatu saat tidak hanya dinikmati masyarakat lokal, tapi juga wisatawan mancanegara,” tuturnya.

(rt/muh/ang/JPR)

Alur Cerita Berita

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia