Jumat, 22 Nov 2019
radartulungagung
icon featured
Blitar

Libatkan Seluruh Desa, Gaungkan Semboyan Huruf Hambangun Praja

07 Agustus 2019, 16: 11: 49 WIB | editor : Anggi Septian Andika Putra

Libatkan Seluruh Desa, Gaungkan Semboyan Huruf Hambangun Praja

SANANWETAN, Radar Blitar – Upacara Pisowanan Agung menjadi tanda puncak rangkaian peringatan Hari Jadi Ke-695 Kabupaten Blitar, kemarin (5/8). Pusaka yang sebelumnya dibawa berkeliling di seluruh desa di kabupaten ini. Yakni Kitab Sejarah, Panji Lambang Daerah, dan Damar Guruf Hambangun Praja, kembali ke pendapa.

Dihadiri seluruh pejabat organisasi perangkat daerah (OPD) dan kepala desa se-Kabupaten Blitar, rangkaian prosesi tersebut berlangsung khidmat.

“Kirab Hari Jadi tahun ini berbeda. Misalnya saja, jika biasanya kirab pusaka hanya dibawa hingga kecamatan, kini kirab pusaka tersebut juga dilakukan di setiap desa,” terang Bupati Rijanto.

Tujuan kirab ke seluruh desa agar masyarakat di desa bisa mengikuti, sekaligus menggaungkan semboyan (sesanti) Huruf Hambangun Praja (semangat membangun daerah). Selain itu, masyarakat memiliki semangat untuk membangun daerah.

Bupati Rijanto yakin rangkaian ini membawa dampak ekonomi bagi masyarakat. Sebab, setiap kecamatan menggelar malam kesenian dalam rangkaian kirab pusaka. Dengan begitu, akan menyedot perhatian masyarakat sehingga bisa dimanfaatkan oleh pelaku pelaku usaha kecil untuk meningkatkan perekonomian mereka.

Dia menambahkan, selama empat hari ini ada sejumlah pengusaha dari luar daerah yang juga mengikuti rangkaian Hari Jadi Kabupaten Blitar. Mereka juga akan berkunjung ke beberapa lokasi wisata dan daerah-daerah unggulan seperti Kampung UMKM Rejowinangun dan sebagainya. “Kabarnya mereka juga akan menginap di Pantai Serang untuk melihat sunrise,” terangnya. 

(rt/muh/hms/ang/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia