Minggu, 15 Sep 2019
radartulungagung
icon-featured
Pendidikan

SDN Gedog 2 Ciptakan Siswa Cakap, Religius dan Berkarakter

12 Agustus 2019, 13: 28: 47 WIB | editor : Didin Cahya FS

MUDAH DIJANGKAU: Meski berada di kawasan pinggiran, SDN Gedog 2 memiliki akses jalan cukup memadai.

MUDAH DIJANGKAU: Meski berada di kawasan pinggiran, SDN Gedog 2 memiliki akses jalan cukup memadai. (WHENDY GIGIH PERKASA/RADAR TULUNGAGUNG.ID)

SANAN WETAN, Radar Blitar – Berada di daerah pinggiran, Unit Pelaksana Teknis (UPT) Satuan Pendidikan (SP) SDN Gedog 2 tak ingin ketinggalan soal pembelajaran. Buktinya, sekolah yang berada di Kelurahan Gedog, Kecamatan Sananwetan itu, memiliki beragam program unggulan yang diterapkan kepada anak didik. Tujuannya, mencetak siswa yang cakap, religius, serta berkarakter.

Kepala UPT SP SDN Gedog 2, Nanik Soegiyanti menyatakan, sekolah terus berkembang. Perubahan ke arah positif terus dilakukan. Ini agar mampu melahirkan anak didik yang berkualitas. Selain pelajaran akademik sesuai kurikulum, banyak pelajaran lain yang diberikan kepada siswa. Mulai kelas I sampai VI.

Pelajaran yang dimaksud, tak lain juga sebagai pembentuk karakter siswa. Salah satunya usai kegiatan belajar mengajar (KBM) di dalam kelas, siswa mengikuti salat Duhur berjamaah di sekolah. Siswa juga mengikuti literasi. Yakni dengan membaca buku, kemudian menceritakannya kembali. Tentu saja, tetap dalam pendampingan guru. “Ada juga review kembali materi pelajaran yang sudah diberikan. Tujuannya agar siswa lebih paham. Jika ada yang kurang jelas, bisa dijelaskan kembali oleh guru,” ungkap Nanik Soegiyanti.

Wanita berkacamata itu mengatakan, setiap Selasa, siswa mengikuti beberapa kegiatan ekstrakurikuler di sekolah. Di antaranya tari, sepak bola, sepak takraw, dan silat. Sedangkan pada Jumat, ada ekstrakurikuler Pramuka yang wajib diikuti seluruh siswa. Pada hari itu juga, siswa muslim mengikuti salat Jumat bersama. Sedangkan bagi siswa non-muslim, mengikuti pelajaran khusus kerohanian.

Lebih membanggakan lagi, siswa SDN Gedog 2 juga melaksanakan kurban. Itu tidak dengan menarik sumbangan dari orang tua ataupun wali murid. Melainkan adanya amal berupa uang yang dikumpulkan setiap Jumat. Besaran uang tidak ditentukan, alias seikhlasnya. Pihak guru pun bisa ikut beramal. Uang itulah yang dikumpulkan, lantas dibelikan hewan kurban. “Biasanya berupa kambing. Penyembelihan dilakukan di sekolah, kemudian dagingnya diberikan kepada siswa yang kurang mampu,” jelas Nanik.

Koordinasi antara sekolah dengan komite juga berjalan lancar. Buktinya, setiap kali ada kegiatan, komite selalu terlibat langsung. Salah satunya penghijauan di lingkungan sekolah. Bahkan untuk kedepannya, pihak sekolah bersama komite bakal melaksanakan bakti sosial (baksos) dan donor darah.

Dalam hal prestasi, siswa SDN Gedog 2 tak kalah membanggakan. Yakni dengan menjuarai beragam lomba. Beberapa di antaranya sepak takraw, catur, dan tari. Ada pula juara I senam artistik tingkat Kota Blitar. Yakni pada 2015/2016, 2017/2018. Bahkan pada 2018/2019, juga meraih juara III tingkat Jawa Timur. Karena itulah, pihak sekolah terus berusaha meningkatkan prestasi itu. Termasuk juga program unggulan yang bakal lebih serius digarap. Yakni jaranan dan hadrah.

(rt/whe/did/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia