Selasa, 12 Nov 2019
radartulungagung
icon-featured
Blitar

Rp 20 Miliar, untuk Pelebaran Akses Menuju Sirkuit Sentul

12 Agustus 2019, 15: 00: 59 WIB | editor : Didin Cahya FS

SEMPIT: Tingkungan menuju Jalan Kenari di simpang empat Kelurahan Plosokerep, Kecamatan Sananwetan akan diperlebar tahun ini.

SEMPIT: Tingkungan menuju Jalan Kenari di simpang empat Kelurahan Plosokerep, Kecamatan Sananwetan akan diperlebar tahun ini. (M. SUBCHAN ABDULLAH/RADARTULUNGAGUNG.ID)

SANANWETAN, Radar Blitar – Pemerintah Kota (pemkot) Blitar berencana melebarkan ruas jalan lengkung Kenari di tikungan simpang empat di Kelurahan Plosokerep, Kecamatan Sananwetan. Sebab, kondisi ruas jalan tersebut dinilai sempit. Pemkot juga melebarkan ruas jalan akses menuju Sirkuit Sentul.

Sesuai rencana, pelebaran jalan itu dilakukan tahun ini. Pemkot sudah mengalokasikan anggaran pelebaran di Perubahan APBD 2019. “Anggarannya sekitar Rp 1 miliar untuk pelebaran ruas jalan lengkung menuju Jalan Kenari di perempatan Kelurahan Plosokerep, Kecamatan Sananwetan tersebut,” beber Wakil Ketua DPRD Kota Blitar Totok Sugiarto, kemarin.

Dia mengatakan, anggaran tersebut akan diperuntukkan sebagai ganti untung bagi warga yang lahan dan rumahnya terdampak pelebaran ruas jalan. Ada satu rumah milik warga yang terdampak. “Itu nanti untuk ganti untung kepada warga yang rumahnya dikepras untuk pelebaran ruas jalan. Sebagian anggaran lainnya untuk infrastruktur pelebaran ruas jalan,” ungkap politisi PKB Ini.

Lebih lanjut, pemkot sudah berkomunikasi dengan pemilih rumah dan lahan tersebut. Warga sepakat dengan pelebaran ruas jalan tersebut. “Dari pemkot sudah beres katanya. Tahun ini dilaksanakan dan bisa selesai,” katanya.

Selain pelebaran jalan lengkung di perempatan Kelurahan Plosokerep, pemkot juga berencana melebarkan ruas jalan menuju Sirkuit Sentul. Selain pelebaran ruas jalan, pemkot juga memperbaiki infrastruktur pada Sirkuit Sentul yang berada dekat ruang terbuka hijau (RTH) Green Park itu.

Pemkot mengalokasikan anggaran sekitar Rp 20 miliar untuk pelebaran jalan dan perbaikan infrastruktur Sirkuit Sentul tersebut. “Selain pelebaran ruas jalan akses menuju Sentul, nanti juga untuk perbaikan inftrastruktur di sirkuitnya. Sarana dan prasarananya,” kata Totok.

Pelebaran akses menuju sirkut itu berdampak pada sejumlah lahan milik warga. Ada 12 lahan milik warga terdampak pelebaran jalan. Pemkot sedang berkomunikasi dengan 12 pemilik lahan tersebut. 

(rt/kan/did/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia