Minggu, 15 Sep 2019
radartulungagung
icon-featured
Pendidikan

Pemkot Gelar Upacara Hari Pramuka Ke-58, Torehkan Sejumlah Prestasi

15 Agustus 2019, 19: 00: 59 WIB | editor : Didin Cahya FS

SDM UNGGUL: Ketua Kwarcab Blitar Santoso menyerahkan Piala Bergilir Kirab Pandu Praja Patria 2019 Kota Blitar di Alun-Alun Kota Blitar, kemarin (14/8).

SDM UNGGUL: Ketua Kwarcab Blitar Santoso menyerahkan Piala Bergilir Kirab Pandu Praja Patria 2019 Kota Blitar di Alun-Alun Kota Blitar, kemarin (14/8). (M. SUBCHAN ABDULLAH/RADARTULUNGAGUNG.ID)

KEPANJENKIDUL, Radar Blitar – Pemerintah Kota (Pemkot) Blitar menggelar upacara peringatan Ke-58 Hari Pramuka. Upacara yang dipusatkan di Alun-Alun Kota Blitar itu dipimpin langsung oleh Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Kota Blitar Santoso.

Dimulai pukul 08.00, upacara dihadiri seluruh pengurus Kwarcab Blitar Kota Blitar, ketua majelis pembina gugus depan (kamabigus), anggota forum komunikasi pimpinan daerah (forkopimda), serta sejumlah pejabat lingkup Pemkot Blitar. Selain itu, sejumlah anggota Pramuka dari seluruh tingkat sekolah juga hadir menjadi peserta.

Ketua Kwarcab Kota Blitar Santoso mengatakan, peringatan Hari Pramuka merupakan momen penting untuk meningkatkan sejumlah prestasi di bidang Pramuka. Prestasi Pramuka mulai dari tingkat siaga, penggalang, penegak, dan pandega harus ditingkatkan. " Alhamdulillah di hari peringatan Pramuka ini, anggota Pramuka Kwarcab Kota Blitar banyak menorehkan prestasi," ungkapnya.

Prestasi itu, lanjut Santoso, diperoleh mulai dari tingkat regional hingga provinsi bahkan nasional. Apalagi beberapa bulan lalu Kota Blitar juga sukses menyelenggarakan Festival Wirakarya Kampung Kelir 2019 yang dipusatkan di Kelurahan Karangsari, Kecamatan Sukorejo. "Ini suatu kebanggaan bagi kami bisa menjadi tuan rumah. Beberapa prestasi juga diraih anggota Pramuka di tingkat kwarda (provinsi, Red). Ada dua anggota yang meraih penghargaan," ujar pria ramah ini.

Santoso berharap, prestasi-prestasi tersebut bisa terus dipertahankan. Bahkan, bisa ditingkatkan lebih baik lagi. Kondisi itu tidak lepas dari dukungan guru maupun pembina Pramuka. "Termasuk semangat para pelajar yang ikut menjadi anggota Pramuka. Mudah-mudahan ini menjadi embrio untuk bisa meraih prestasi selanjutnya," ungkap pria berkacamata ini.

Ke depan, pemkot akan merumuskan pembinaan gerakan Pramuka terhadap anak-anak usia dini. Nantinya, di lembaga pendidikan anak usia dini (PAUD) juga diisi kegiatan-kegiatan Pramuka.

Pembinaan gerakan Pramuka pada anak usia dini, itu merupakan program nasional. Nantinya, sejumlah daerah juga akan menerapkannya. "Ya, ini sedang kami rumuskan aturannya. Dirumuskan secara matang. Jika sudah matang, kami segera sosialisasikan," bebernya.

Di samping itu, lanjut Santoso, juga rencana penyeragaman seragam Pramuka yang dilakukan mulai tingkat daerah, provinsi, hingga nasional. Penyeragaman itu mulai dari segi atributnya, seragamnya, hingga model pakaiannya. "Semua diseragamkan sampai tingkat nasional. Ini formatnya masih dirumuskan," kata pria yang juga Plt Wali Kota Blitar ini.

(rt/kan/did/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia