Minggu, 15 Sep 2019
radartulungagung
icon-featured
Blitar

Gara-Gara Bakar Sampah Batok Kelapa, Rumah Nyaris Dilalap Api

23 Agustus 2019, 12: 44: 46 WIB | editor : Didin Cahya FS

HANGUS: Petugas PMK dibantu polisi, TNI dan warga berusaha memadamkan api yang membakar sampah batok kelapa di Desa Pojok, Kecamatan Garum, Kamis malam (22/8).

HANGUS: Petugas PMK dibantu polisi, TNI dan warga berusaha memadamkan api yang membakar sampah batok kelapa di Desa Pojok, Kecamatan Garum, Kamis malam (22/8). (IST)

GARUM, Radar Blitar - Gara-gara lalai membakar sampah rumah Hihin Mustikawati di Dusun Kranggan, Desa Pojok, Kecamatan Garum hampir di lalap api. Peristiwa itu terjadi pada Kamis malam (22/8).

Informasi yang diterima radartulungagung.id kebakaran diketahui terjadi sekitar pukul 17.45 di lahan kosong milik pengusaha batok kelapa itu. Lahan kosong itu berdekatan dengan limbah batok kelapa miliknya. "Awalnya saat itu sekitar pukul 16.30 pekerja Hihin membakar sampah limbah kelapa di lahan kosong itu," kata Kasubbag Humas Polres Blitar Iptu M. Burhanudin, Jumat (23/8).

Pekerja membakar limbah batok kelapa itu di samping rumah Hihin. Usai membakar, pekerja lalu pulang ke rumah. Selang sejam kemudian, seorang warga (saksi) melihat kepulan asap besar dari lahan kosong Hihin.

Penasaran, saksi lalu mengeceknya. Ternyata api sudah membesar membakar hampir seluruh limbah batok. Saksi langsung meminta tolong warga untuk memadamkan api. "Tetapi, saat dipadamkan api tidak kunjung padam. Warga khawatir jika api merembet sampai rumah," terang Burhan.

Warga langsung melaporkan kebakaran itu ke Polsek Garum. Anggota polsek langsung meneruskannya ke petugas pemadam kebakaran (PMK) Kabupaten Blitar. Tak berapa lama, petugas PMK tiba dan langsung memadamkan api dengan dua unit mobil PMK.

Satu jam kemudian, api berhasil dipadamkan. Beruntung, kobaran api tidak sampai menyambar rumah Hihin. Karena yang terbakar limbah batok, pemilik tidak merugi. "Pemilik pasrah karena itu hanya limbah berupa tempurung kelapa dan kulit kelapa," tandasnya. 

(rt/kan/did/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia