Minggu, 15 Sep 2019
radartulungagung
icon featured
Tulungagung

BPJS Kesehatan Tulungagung Gencar Sosialisasi Di Kecamatan

24 Agustus 2019, 06: 05: 59 WIB | editor : Anggi Septian Andika Putra

BPJS Kesehatan Tulungagung Gencar Sosialisasi Di Kecamatan

Tulungagung - Untuk meningkatkan pemahaman masyarakat terhadap Program JKN-KIS, kali ini BPJS Kesehatan Cabang Tulungagung gelar sosialisasi Program JKN-KIS di Kecamatan Kauman Kabupaten Tulungagung, Rabu (21/08). Kegiatan ini rutin dilaksanakan seminggu sekali di seluruh Kecamatan di Kabupaten Tulungagung secara bergilir. Peserta yang hadir terdiri dari tokoh agama, tokoh masyarakat, perangkat desa, dan masyarakat pada umumnya.

“Walaupun sudah 5 tahun BPJS Kesehatan menyelenggarakan Program JKN-KIS, namun informasi dan edukasi tentang program ini harus terus dilakukan. Tentunya karena regulasi juga berjalan dinamis, pasti ada perubahan, sehingga masyarakat wajib tahu perubahan dan kebijakan yang berlaku,” terang Kepala Bidang Perluasan Peserta dan Kepatuhan BPJS Kesehatan Cabang Tulungagung, Yeppi Bandarini.

Yeppi menyebutkan, materi yang disampaikan yakni seputar kepesertaan, prosedur pelayanan kesehatan, dan Aplikasi Mobile JKN. Menurutnya hal tersebut perlu diketahui masyarakat agar pemanfaatan Program JKN-KIS dapat dirasakan maksimal oleh seluruh peserta.

“Materi yang disampaikan meliputi administrasi kepesertaan, mulai dari segmen kepesertaan, hak dan kewajiban peserta, jumlah iuran yang harus dibayarkan. Kalau prosedur pelayanan kesehatan, tentunya tentang ketentuan pelayanan kesehatan berjenjang, sistem rujukan online, manfaat pelayanan kesehatan yang dijamin dan tidak dijamin. Serta ajakan men-download Aplikasi Mobile JKN agar masyarakat mudah mengakses kepesertaanya, banyak fitur disana, masyarakat yang belum terdaftar bisa melakukan pendaftaran, yang sudah menjadi peserta bisa melakukan perubahan data seperti merubah fasilitas kesehatan tingkat pertama, tidak hanya itu peserta juga bisa melakukan skrining riwayat kesehatan secara mandiri,” ujar Yeppi.

Ia berharap, dengan adanya sosialisasi Program JKN-KIS secara rutin seperti ini, maka masyarakat semakin paham dan bisa menginformasikan serta memberikan advokasi kepada masyarakat yang lain sebagai bentuk dukungan suksesnya Program JKN-KIS.

“Kami berharap sosialisasi yang rutin dilaksanakan ini bisa meningkatkan pemahaman terhadap Program JKN-KIS, masyarakat saling bertukar informasi kepada masyarakat lain, yang hadir bisa mengajak dan memberi advokasi kepada masyarakat yang belum menjadi peserta untuk segera mendaftar, tentunya akan bermanfaat untuk masyarakat itu sendiri. Inilah bentuk dukungan terhadap Program JKN-KIS,” ucapnya.

Pada kesempatan yang sama, terdapat salah satu peserta yang hadir mengapresiasi sosialisasi yang telah dilakukan BPJS Kesehatan, Wiyono (58). Warga Desa Kauman Kecamatan Kauman Kabupaten Tulungagung ini mengaku bahwa sosialisasi seperti ini akan sangat bermanfaat untuk masyarakat.

“Sosialisasi hari ini sangat amat menguntungkan dan bagus, masyarakat pasti lebih paham dan nantinya bermanfaat. Agar lebih baiknya sosialisasi Program JKN-KIS lebih mendalam melalui Kader JKN-KIS. Selain itu, mungkin melalui media sosial. Saya juga berharap agar setiap warga yang belum terdaftar agar bisa mendaftarkan diri sebagai peserta JKN-KIS. Untuk BPJS Kesehatan, agar betul-betul bisa berkoordinasi dengan fasilitas kesehatan untuk pelayanan yang lebih baik,” kata Wiyono.(ar/ck)

(rt/red/ang/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia