Minggu, 15 Sep 2019
radartulungagung
icon featured
Tulungagung

BPJS Kesehatan Tulungagung : E-Claim Primer Permudah FKTP Ajukan Klaim

30 Agustus 2019, 09: 20: 43 WIB | editor : Anggi Septian Andika Putra

BPJS Kesehatan Tulungagung : E-Claim Primer Permudah FKTP Ajukan Klaim

KOTA, TULUNGAGUNG, radartulungagung.id - Di tahun ke-5 menyelenggarakan Program JKN-KIS, BPJS Kesehatan terus mengembangkan sistem aplikasi guna memudahkan peserta JKN-KIS maupun fasilitas kesehatan mitra dalam menjangkau BPJS Kesehatan. Kini, BPJS Kesehatan telah melakukan pengembangan sistem aplikasi yang disebut E-Claim Primer untuk Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP).

Perlu diketahui, E-Claim Primer atau digitalisasi klaim non-kapitasi merupakan proses perekaman data klaim secara elektronik yang bertujuan untuk menyederhanakan proses pengajuan klaim non kapitasi oleh FKTP yang dapat digunakan sebagai dokumentasi data pelayanan peserta secara digital.

“Pengembangan aplikasi E-Claim Primer ini merupakan sebuah inovasi dari BPJS Kesehatan untuk memudahkan FKTP dalam menagihkan klaim non kapitasi secara periodik dan lengkap kepada BPJS Kesehatan,” ucap Kepala Bidang Penjaminan Manfaat Primer BPJS Kesehatan Cabang Tulungagung, Diah Ratna saat ditemui dalam acara Sosialisasi Implementasi E-Claim Primer di Tulungagung, Rabu (28/08).

Diah menyebutkan, tidak hanya memudahkan pengajuan klaim, aplikasi ini tentunya akan meminimalisir berkas klaim, FKTP memiliki catatan riwayat pelayanan peserta secara digital, dan tentunya meningkatkan kepastian pembayaran klaim oleh FKTP, sehingga peserta tetap akan mendapat pelayanan kesehatan yang berkualitas secara berkelanjutan.

“Manfaat yang diperoleh cukup banyak. Kami pastikan 154 FKTP baik Puskesmas, Klinik Pratama, Dokter Umum dan Dokter Gigi Perorangan di wilayah kerja Kantor Cabang Tulungagung paham dan bisa mengimplementasikan aplikasi ini dengan baik. Karena itu . Tentunya dengan tetap menjaga validitas dan kualitas entri pelayanan peserta JKN-KIS,” kata Diah.

Ia menjelaskan, di Bulan Agustus 2019 ini merupakan bulan uji coba penggunaan E-Claim Primer di 60 FKTP mitra BPJS Kesehatan. Nantinya di Bulan September 2019 seluruh FKTP mitra BPJS Kesehatan wajib mengimplementasikan penggunaan aplikasi E-Claim Primer. Untuk itu kami menghadirkan seluruh pimpinan FKTP dan 1 orang admin atau PIC (Personal In Charge) FKTP di setiap pertemuan Kabupaten mulai dari Pacitan, Trenggalek dan Tulungagung.

“Dalam tahap uji coba hanya 60 FKTP mitra yang ditunjuk untuk menggunakan aplikasi ini. Bulan depan, seluruh FKTP mitra harus mengimplementasikan pengajuan klaim non kapitasi secara digital ini walaupun masih dalam masa transisi hingga ahir tahun 2019,” jelasnya.

Pada kesempatan yang sama, salah satu Pimpinan Puskesmas yang hadir menyampaikan dukungannya terhadap aplikasi E-Claim Primer, Sri Lestariningsih, S.KM, Kepala Puskesmas Bendilwungu Tulungagung, mengatakan pihaknya mendukung dengan adanya aplikasi E-Claim untuk FKTP, menurutnya, aplikasi ini sangat memudahkan proses pengajuan klaim dan memberikan kepastian pembayaran klaim non-kapitasi oleh BPJS Kesehatan.

“Dengan adanya aplikasi E-Claim Primer itu sangat membantu sekali, berarti kita sudah tidak menggunakan lagi kertas dalam pengajuan klaim, lebih mempermudah, kita bisa langsung menginputkan klaim secara online. Selain itu, oleh karena pengajuan klaim yang tepat dengan waktu yang cepat, maka waktu pembayaran klaim oleh BPJS Kesehatan juga akan tepat dan cepat. Setelah adanya sosialisasi hari ini, saya akan sosialisasi ke seluruh karyawan saya, bahwa ada aturan yang terbaru seperti ini, agar pengajuan klaim lebih tepat waktu untuk dientrikan. Harapannya BPJS Kesehatan bisa terus berkoordinasi dengan FKTP mitra terkait hal ini untuk lebih baik lagi. Tentu kami mendukung untuk menjadi lebih baik,” tutur wanita yang akrab dipanggil Naning ini.

(rt/red/ang/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia