Rabu, 16 Oct 2019
radartulungagung
icon-featured
Blitar

Tolak Revisi UU KPK, Belasan Pegiat Antikorupsi Gelar Aksi Damai

16 September 2019, 13: 39: 35 WIB | editor : Didin Cahya FS

PROTES: Puluhan aktivis antikorupsi melakukan aksi damai di simpang empat Lovi, Senin (16/9).

PROTES: Puluhan aktivis antikorupsi melakukan aksi damai di simpang empat Lovi, Senin (16/9). (MOCHAMMAD SUBCHAN ABDULLAH/RADARTULUNGAGUNG.ID)

KEPANJENKIDUL, Radar Blitar - Belasan pegiat antikorupsi menggelar aksi damai di simpang empat Lovi, Senin (16/9). Massa yang mengatasnamakan Kamite Rakyat Pemberantas Korupsi (KRPK) itu menolak revisi Rancangan Undang-Undang (UU) KPK.

Sekitar pukul 11.00 massa berorasi di simpang empat Lovi. Mereka juga menggelar aksi tabur bunga di atas tulisan KPK dan beberapa poster bergambar Presiden Jokowi beserta tulisan visi dan misinya dalam upaya pemberantasan korupsi.

Dalam orasinya, massa mendesak Presiden Jokowi menarik kembali surat presiden (Surpres) menyetujui Rancangan Undang-Undang (RUU)  KPK. Meminta untuk menunda pembahasan RUU KPK. "Kami kecewa dengan kebijakan Jokowi. Presiden yang kami anggap baik dan sederhana ternyata taku kehilangan kekuasaan," ungkap Koordinator Aksi M. Triyanto, Senin (16/9).

Menurutnya, Jokowi sudah mengabaikan suara rakyat yang telah memilihnya. Padahal, saat kampanye pada pemilu lalu Jokowi berjanji memperkuat KPK. "Tapi fakta dilapangan, janji tinggalah janji. Jokowi malah mengeluarkan surpres menyetujui revisi UU KPK," terang pria yang dikenal mengenakan jaket kulit hitam ini.

Dia menilai, ReVisi UU KPK sudah cacat prosedur sejak diajukan ke DPR. Bila nantinya revisi itu disahkan maka ada beberapa poin yang melemahkan kinerja KPK. Di antaranya, jika KPK menjadi lembaga di bawah Presiden maka indepedensi KPK akan hilang mutlak.

Lalu, penyadapan dan penyitaan KPK harus atas izin Dewan Pengawas bentukan Presiden melalui pansel. "Kami jelas menolak revisi UU KPK ini. Kami meminta Jokowi konsisten dengan janji kampanyenya," tandasnya. 

(rt/kan/did/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia